Penyintas Corona B117 Pulang ke Brebes Pakai Mobil Pribadi

CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 20:46 WIB
Penyintas virus corona B117, A sebelumnya sempat mampir ke Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sebelum akhirnya pulang ke Brebes, Jawa Tengah pada 12 Februari. Ilustrasi. (Foto: iStockphoto/Naeblys)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes Sartono memastikan A, salah satu warga yang terpapar kasus mutasi virus corona B117 pulang kampung ke Brebes menggunakan mobil pribadi.

A pulang ke Brebes selepas menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta. Ia juga dipastikan telah negatif Covid-19 ketika keluar dari fasilitas isolasi tersebut.

"Pulang pakai kendaraan pribadi, tanggal 12 Februari di Brebes," kata Sartono kepada CNNIndonesia.com, Jumat (5/3).


Sartono mengaku baru mendapat kabar bahwa A terpapar mutasi virus corona varian B117 pada Rabu (3/3). Mendengar kabar tersebut, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan pada A dan tujuh kontak erat lainnya.

Ia mengatakan juga melakukan pemeriksaan kepada 10 orang yang kontak erat dengan A pada hari ini. Sehingga total ada 17 orang diperiksa terkait dengan kasus B117 di Brebes.

"Hari ini kami tindaklanjuti mengembangkan sayap, bukan hanya tujuh orang yang diperiksa tapi sekelilingnya. Hari ini target 10 orang sekitarnya," ujar Sartono.

Sebelum pulang kampung ke Brebes, A berkunjung ke Kabupaten Karawang setelah dinyatakan negatif dan keluar dari Wisma Atlet. Ia masuk Wisma Atlet pada 31 Januari dan menjalani isolasi selama 12 hari.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang Fitra Hergyana mengatakan telah melakukan pemeriksaan pada 6 orang di keluarga A di Karawang. Fitra juga memastikan telah melakukan pemeriksaan PCR pada M, yang juga terinfeksi virus corona varian B117.

"Sudah diperiksa yang pasti kita 9 orang di keluarganya nyonya 6 orang di keluarga nyonya A," kata Fitra.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan dua orang, M dan A terpapar mutasi virus corona B117. Mereka merupakan pekerja migran dari Saudi Arabia yang pulang ke Indonesia menggunakan pesawat berbeda, namun sama-sama mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada akhir Januari 2021.

M, warga Kecamatan Lemah Abang, mendarat di Bandara Soetta pada 28 Januari 2021. Kemudian A yang berasal dari Kecamatan Pedes mendarat pada 31 Januari 2021. Mereka berdua kini telah dinyatakan negatif usai menjalani isolasi.

(mln/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK