Vaksinasi Lansia di Senayan Mulai Dibuka untuk KTP Non-DKI

CNN Indonesia | Selasa, 16/03/2021 15:38 WIB
Bagi Lansia dengan KTP non-DKI Jakarta yang ingin mendaftar vaksinasi di Istora wajib membawa surat domisili di wilayah ibu kota RI tersebut. Warga lanjut usia (Lansia) mengikuti program vaksin covid-19, di Istora Senayan. Minggu (14/3/2021). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Program vaksinasi Covid-19 hasil kolaborasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Indonesia Healthcare Corporation mulai hari ini bakal menyasar warga lanjut usia (lansia) non-KTP DKI Jakarta.

Namun demikian, para calon peserta vaksinasi tak bisa tiba-tiba langsung datang ke Istora Senayan, Jakarta. Para lansia yang berminat mengikuti program vaksinasi sentra bersama ini harus melalui pendaftaran terlebih dahulu.

Selain itu, lansia dengan KTP di luar DKI Jakarta wajib membawa surat domisili di wilayah ibu kota RI tersebut.


"Untuk sentra vaksinasi bersama di Istora sudah bisa melayani yang non-KTP DKI, tapi jangan lupa melakukan pendaftaran," kata Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers secara daring, Selasa (16/3).

Nadia menjelaskan, para lansia dapat mendaftarkan diri sesuai dengan arahan di akun media sosial Kementerian BUMN. Program vaksinasi ini dilakukan secara cuma-cuma alias gratis dengan periode pelaksanaan 16 Maret-5 April, sementara vaksinasi khusus lansia KTP DKI Jakarta berlangsung sejak 8 Maret-10 Mei 2021.

"Lihat di instagram BUMN disana tertera proses registrasinya," imbuhnya.

Lansia dengan KTP di luar DKI Jakarta wajib membawa surat domisili di wilayah ibu kota RI tersebut.

Adapun mekanisme pelaksanaan vaksinasi di Istora Senayan yang menyasar lansia seluruh Indonesia itu sebagai berikut:

1. Warga non-KTP DKI Jakarta yang ingin melaksanakan vaksinasi harus mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran berisikan informasi data diri di tautan https://loket.com/event/vaksinasicovid19untuklansia

2. Setelah rampung mengisi informasi data diri yang dibutuhkan dari nama lengkap, email, alamat domisili, hingga nomor telepon. Maka calon peserta akan mendapatkan undangan vaksinasi akan dikirim ke peserta via WhatsApp atau SMS yang berisi barcode dan jadwal vaksinasi. Para peserta diimbau untuk mencetak hasil self assessment sebelum datang ke lokasi vaksinasi.

3. Peserta vaksinasi kemudian hanya tinggal datang ke lokasi yakni Istora Senayan sesuai dengan jadwal yang dipilih sebelumnya. Selanjutnya, peserta hanya perlu mengambil nomor registrasi dan menunggu antrean. Peserta wajib membawa bukti e-voucher agar dapat diperkenankan masuk ke area Sentra Vaksinasi Bersama BUMN.

4. Bagi mereka yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani.

5. Bagi peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis, mohon dapat membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis.

Sementara syarat yang harus dipenuhi bagi lansia KTP non-DKI untuk mengikuti program vaksinasi di Istora itu adalah: 

1. Lansia dengan membawa KTP Asli

2. Untuk KTP Non-DKI Jakarta wajib membawa Surat Keterangan Domisili di wilayah DKI Jakarta.

(kha/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK