Kronologi DPO Terduga Teroris Jaksel Diamankan Versi Polri

CNN Indonesia | Jumat, 09/04/2021 20:10 WIB
Berbeda dari kabar beredar sebelumnya, Mabes Polri membantah bahwa terduga teroris di Jaksel menyerahkan diri ke Polsek Setiabudi. Ilustrasi. Salah satu dari tiga DPO terduga teroris telah diamankan polisi. (Istockphoto/D-Keine)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mabes Polri menyatakan terduga teroris yang masuk daftar pencarian orang (DPO), Nouval Farisi diamankan petugas reserse Polsek Setiabudi, Jakarta Selatan setelah mendapatkan informasi dari orang tuanya sendirinya.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan menyebut Nouval diamankan di rumahnya pada Kamis malam (8/4) sekitar pukul 23.00 WIB.


"Satu Tersangka atas nama NF. Diamankan saudara NF hasil dari informasi orang tuanya sendiri kepada Polsek Setiabudi," kata Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (9/4).

Ramadhan mengatakan bahwa Nouval diamankan tanpa melakukan perlawanan. Dia juga menampik kabar sebelumnya yang memberitakan bahwa Nouval Farisi menyerahkan diri ke Mapolsek Setiabudi pada Jumat dini hari.

"Orang tua memberi informasi tentang keberadaan anaknya. Jadi kalau menyerahkan diri dia datang, tapi ini orang tua memberikan informasi tentang keberadaan anaknya. Sehingga, tim reserse dari Polsek Setiabudi datang ke rumahnya untuk mengamankan," jelasnya.

Sejauh ini, Ahmad menerangkan ada 12 tersangka teroris yang telah diamankan oleh Densus 88 di wilayah DKI dan sekitarnya.

Mereka yang diamankan Densus 88, yakni HH, ZA, AJ, BS, WJ, NAA, AN, DK, AK, AP, NF dan W. Para tersangka teroris itu diduga tak terafiliasi dengan jaringan teror Jamaah Islamiyah (JI) ataupun Jamaah Ansharud Daulah (JAD).

Mereka ditangkap karena polisi telah memiliki cukup bukti untuk menjerat mereka terkait kasus terorisme.

"Jadi masih perbuatannya tindakannya memenuhi unsur-unsur di tindak pidana terorisme," ucapnya.

(mjo/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK