UPDATE CORONA 11 APRIL

Rangkuman Covid: Risiko Tinggi Mudik, 10 Juta Orang Divaksin

CNN Indonesia | Minggu, 11/04/2021 18:28 WIB
Rangkuman covid-19 pada Minggu (11/4) meliputi risiko tinggi mudik hingga 10 juta orang telah divaksin dosis pertama. Vaksinasi lansia. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Virus corona (Covid-19) masih menjadi ancaman serius bagi Indonesia di semester pertama tahun ini. Lebih dari 1,5 juta jiwa terinfeksi virus tersebut sejak pertama kali diumumkan pada awal Maret 2020 lalu.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat ada 1,4 juta yang sembuh dan 42 ribu meninggal dunia.

Menjelang bulan ramadan dan hari raya Lebaran, pemerintah bergerak cepat membuat sejumlah kebijakan selain sosialisasi penerapan protokol kesehatan 3M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.


Kebijakan yang juga menuai pro dan kontra itu di antaranya melarang mudik dan memberi izin salat Tarawih dan salat Idulfitri secara berjamaah di masjid dengan mematuhi protokol kesehatan.

CNNIndonesia.com mencoba merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut ini.

Vaksinasi Lansia Jakarta

DKI Jakarta mencatatkan sebagai daerah tertinggi yang sudah menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 bagi golongan lanjut usia (lansia).

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman yang juga Plt. Asisten Kesra, Suharti Sutar, mengklaim sebanyak 496.450 lansia sudah divaksin. Untuk wilayah Jakarta Pusat, vaksinasi untuk lansia telah menjangkau 95,31 persen dan Kepulauan Seribu mencapai 62,73 persen.

Adapun sasaran vaksinasi di DKI Jakarta sebanyak 8.815.157. Dari jumlah itu, vaksinasi lansia ditargetkan sebanyak 911.631.

Vaksinasi Bulan Ramadan

Pemerintah akan tetap melaksanakan vaksinasi nasional seiring waktu mendekati bulan ramadan. Pimpinan pondok pesantren di Rembang, Jawa Tengah, Mustofa Bisri atau Gus Mus mengingatkan agar masyarakat mematuhi saran para ahli kesehatan, termasuk soal vaksinasi.

"Jadi, kita itu harus membiasakan, soal hukum cari ahli hukum, soal kesehatan cari ahli kesehatan, soal agama ya cari ahli agama. Jadi, kita harus menempatkan segala sesuatu pada tempatnya," ujar Gus Mus.

Sementara itu, Ahli Patologi Klinik Universitas Sebelas Maret Tonang Dwi Ardyanto berujar bahwa vaksinasi merupakan bagian dari ikhtiar menangani pandemi. Secara prinsip, kata dia, masyarakat tak perlu ragu menerima vaksin di siang hari saat menjalankan ibadah puasa.

Risiko Tinggi Mudik

Kegiatan mudik untuk tahun ini resmi dilarang dengan Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021. Larangan berlaku mulai 6 hingga 17 Mei 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan pelarangan dilatarbelakangi dengan potensi peningkatan mobilitas masyarakat pada bulan Ramadan dan Idul Fitri mendatang, baik kegiatan keagamaan, keluarga, maupun pariwisata yang memiliki risiko sama besar terhadap peningkatan kasus Covid-19.

Bukan sekadar positif, tapi juga ada potensi efek komorbid dan usia lanjut.

10 Juta Orang Divaksin

Kementerian Kesehatan mencatat sebanyak 10.045.575 orang telah menerima suntikan dosis pertama vaksin virus corona per Minggu (11/4). Sementara 5.099.990 orang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin covid-19 di Indonesia.

Data Covid-19 RI 11 April

Satgas Penanganan Covid-19 mengumumkan 4.127 kasus baru pada Minggu (11/4) hari ini. Secara total, kasus di Indonesia sebanyak 1.566.955. Sementara itu, terdapat 5.219 orang yang sembuh sehingga akumulasi total sembuh mencapai 1.414.507.

Satgas Penanganan Covid-19 juga mencatat data kematian selama satu tahun lebih pandemi Covid-19 berjalan, yakni 42.530 orang meninggal dunia. Untuk kasus harian, jumlah orang yang meninggal dunia ada 87.

(ryn/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK