Nadiem Jadi Mendikbudristek: Hal yang Dekat dengan Hati Saya

CNN Indonesia | Rabu, 28/04/2021 16:21 WIB
Nadiem berharap anak-anak Indonesia bisa menguasai kemampuan masa kini atau 21st century skill lewat berbagai program lembaganya. Nadiem Makarim. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nadiem Makarim berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo usai dilantik menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) dalam reshuffle kabinet kedua Kabinet Indonesia Maju.

Nadiem mengatakan jabatan baru ini begitu dekat dengan latar belakang keahliannya. Seperti diketahui, ia merintis perusahaan transportasi daring Gojek sebelum masuk ke pemerintahan.

"Riset dan teknologi merupakan suatu hal yang sangat dekat di hati saya. Satu hal yang telah saya tekuni sebelum saya melakukan tugas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Nadiem disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (28/4).


Nadiem berkata punya harapan besar dalam jabatan baru tersebut. Ia ingin bisa mendorong pengembangan riset-riset di berbagai perguruan tinggi Indonesia.

Dia berharap Kemendikburistek mampu mewujudkan visi Merdeka Belajar yang diusung Jokowi. Nadiem berharap anak-anak Indonesia bisa menguasai kemampuan masa kini atau 21st century skill lewat berbagai program lembaganya.

Nadiem menilai peleburan Kemendikbud dengan Kemenristek akan berdampak positif bagi perguruan tinggi. Menurutnya, sekarang urusan pendidikan dan penelitian dianungi oleh satu lembaga negara.

"Ini suatu hal juga yang jadi kabar gembira bagi para universitas karena dari riset dan juga transformasi pendidikan ada di dalam kementerian sehingga satu pintu dan rektor makin mudah bisa koordinasi dengan pemerintah pusat," tuturnya.

Nadiem berjanji akan membayar kepercayaan Jokowi kepadanya. Dia menyatakan akan bekerja keras di jabatan barunya sebagai Mendikbudristek.

"Ini suatu tantangan baru dan amanah ini pasti kami laksanakan dengan sebaik-baiknya dan hati nurani yang tulus," ujar Nadiem.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menggelar reshuffle kabinet kedua Kabinet Indonesia Maju. Dalam reshuffle kali ini, Jokowi melantik tiga pejabat setingkat menteri.

Jokowi mendapuk Nadiem Makarim sebagai Mendikbudristek. Lalu ada Bahlil Lahadalia di posisi Menteri Investasi. Terakhir, ada Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

(dhf/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK