Buni Yani Gabung Partai Ummat: Harapan Terakhir Keadilan

CNN Indonesia | Kamis, 29/04/2021 14:26 WIB
Dua alumni 212, Buni Yani dan Neno Warisman, resmi bergabung dengan Partai Ummat meski bukan sebagai pengurus. Buni Yani, pengedit teks ucapan Ahok soal Al Maidah ayat 51 dalam video viral, bergabung ke Partai Ummat. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Eks narapidana kasus pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Buni Yani serta mantan Juru kampanye Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Neno Warisman, resmi bergabung dengan Partai Ummat.

Kedua tokoh itu pun terlihat menghadiri acara deklarasi Partai Ummat yang disiarkan oleh kanal YouTube Amien Rais Official pada Kamis (29/4).

"Partai Ummat adalah harapan saya yang terakhir untuk memperjuangkan dan mendapatkan keadilan," klaim Buni, yang pernah divonis bersalah usai mengedit teks Ahok dalam video yang diunggahnya terkait dugaan penodaan agama, Kamis (29/4).


Meski begitu, Buni dan Neno tidak masuk dalam daftar pengurus Majelis Syuro atau Dewan Eksekutif Partai Ummat.

Wakil Ketua Umum Partai Ummat Agung Mozin menerangkan kepengurusan partainya terdiri dari dua bagian, yaitu Majelis Syuro dan Dewan Eksekutif. Majelis Syuro, menurutnya, menunjuk Dewan Eksekutif atau pelaksana partai untuk menjalankan kebijakan partai.

Ketua Majelis Syuro, katanya, dipegang oleh Amien Rais, dengan Sekretaris Ansufri Idrus Sambo. Menurutnya, Majelis Syuro pun memiliki dua Wakil Ketua yakni MS. Kaban dan Thalib Shaggaf Al Jufri.

Sementara, Ketua Umum dipegang oleh Ridho Rahmadi dibantu Sekretaris Jenderal yang diduduki Ahmad Muhajir Sodruddin serta Bendahara Umum yang dipegang oleh Benny Suharto.

"Ketua Umum dibantu oleh tiga orang Wakil Ketua yaitu Agung Mozin, Sugeng, dan Chandra Tirta Wijaya. Ketiganya adalah politisi senior yang sudah sangat berpengalaman mengelola partai," kata Mozin.

Ia pun meyakini partai ini memiliki masa depan di tengah kondisi politik yang tidak menentu saat ini. Mengutip hasil berbagai survei terakhir, ia menyebut elektabilitas Partai Ummat sudah mencapai 1,5 persen.

Sementara itu, menurut Agung, sejumlah partai lama hanya memiliki elektabilitas nol koma.

"Yang mengharukan dari acara deklarasi dari daerah ini adalah para kader partai urunan untuk membiayai acara mereka masing-masing," jelas Agung.

Partai Ummat sendiri dideklarasikan oleh politikus senior Amien Rais, di Yogyakarta, Kamis (29/3). Usai membacakan deklarasi, Amien bersama para 99 pendiri partai memekikkan takbir sebanyak tiga kali dan diakhiri teriakan 'merdeka'.

"Allahuakbar! Allahuakbar! Allahuakbar! Merdeka!," pekik Amien dan para pendiri partai, seusai tuntas membacakan doa.

(mts/dmi/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK