Ridho Rahmadi, Mantu Amien Rais Ketum Baru Partai Ummat

CNN Indonesia | Kamis, 29/04/2021 17:28 WIB
Ridho Rahmadi, menantu Amien Rais terpilih sebagai ketum baru Partai Ummat. Ridho sekaligus menjadi ketum parpol termuda. Ridho Rahmadi, ketum baru Partai Ummat. (Foto: Arsip Partai Ummat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ridho Rahmadi resmi menjadi Ketua Umum Partai Ummat yang dideklarasikan di Yogyakarta, Kamis (29/4).

Menantu Amien Rais itu dipilih oleh Majelis Syuro dari beberapa kandidat ketum yang dianggap merepresentasikan napas Partai ummat. Partai Ummat sendiri mempunyai semboyan 'lawan kezaliman dan tegakkan keadilan.'

Ridho yang merupakan suami dari putri Amien, Tasniem Rais ini menjadi ketua umum partai politik termuda di Indonesia.


Ridho yang lahir di Yogyakarta pada 13 April 1985 itu baru berusia 36 tahun.

Sebelum ia menjabat, posisi ketua umum parpol termuda dipegang oleh Grace Natalie yang berusia 38 tahun dari Partai PSI.

Secara umum, Ridho mempunyai minat dan fokus utama pada bidang sains data, machine learning, dan secara khusus dalam konteks pemodelan kausal.

Ridho mengenyam Pendidikan di Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII) dan lulus pada 2008. Ia kemudian melanjutkan pendidikan Magister pada bidang Ilmu Komputer dengan spesialisasi Kecerdasan Buatan, di dua universitas: Czech Technical University in Prague, Republik Ceko, dan Johannes Kepler University, Austria, dan lulus pada tahun 2012.

Setahun kemudian, Ridho melanjutkan pendidikan doktor dalam bidang sains data di Radboud University Nijmegen, Belanda, dan selesai pada Maret 2019.

Pada tahun 2017, Ridho sempat melakukan visiting research ke Carnegie Mellon University, Amerika Serikat.

Berdasarkan penelusuran dalam laman resmi UII, snati.id, Ridho tercatat sebagai staf pengajar di Teknik Informatika, UII sejak 2009.

Tahun 2018, Ridho membentuk Pusat Studi Sains Data (Center of Data Science), di UII. Pusat studi ini berfokus pada riset-riset dalam domain sains data, termasuk di dalamnya aplikasi dan pengembangan metode-metode machine learning untuk memecahkan permasalahan-permasalahan spesifik yang ada di Indonesia.

Selain di pusat studi, saat ini Ridho juga dipercaya sebagai Kepala Laboratorium Riset Teknik Informatika UII.

(yla/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK