Polisi Tetapkan Satu Orang Tersangka Kerumunan The Jakmania

CNN Indonesia | Jumat, 30/04/2021 15:46 WIB
Polisi menetapkan seorang berinisial BG sebagai tersangka dalam kasus kerumunan The Jakmania saat merayakan kemenangan Persija Jakarta di Bundaran HI. Suporter Persija, The Jakmania, menyalakan flare saat merayakan kemenangan tim kesebelasannya pada laga final Piala Menpora 2021 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (26/4/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Tri Hawaari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi telah menetapkan seorang berinisial BG sebagai tersangka dalam kasus kerumunan yang melibatkan ratusan pendukung tim sepak bola Persija Jakarta saat merayakan kemenangan pada Minggu (26/4).

"Kemudian mengerucut ke satu kemarin dilakukan pemeriksaan ini sudah ditetapkan sebagai tersangka inisialnya adalah BR," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya kepada wartawan, Jumat (30/4).

Penetapan tersebut dilakukan setelah tim penyidik memeriksa empat orang dalam kasus tersebut. Dari empat orang itu, satu orang di antaranya adalah BG.


Polisi menduga BG berperan mengajak suporter Persija atau yang lebih dikenal The Jakmania tersebut berkumpul merayakan tim mereka yang memenangi Piala Menpora 2021. Ajakan tersebut disebarkan BG lewat media sosial Facebook.

Yusri mengatakan BG mengajak para suporter Persija hanya sekadar iseng. Sebab menurut BG, seperti dituturkan Yusri, kemenangan Persija biasanya memang dirayakan di sekitar HI. Selain itu, BG diketahui juga tidak hadir di lokasi.

"Dia cuma iseng aja menyampaikan bahwa ayolah teman-teman karena memang menurut dia setiap Persija menang itu akan arah ke sana sehingga dia mengingatkan teman-temannya padahal yang bersangkutan enggak hadir," katanya.

Yusri mengatakan polisi saat ini masih memeriksa BG selaku tersangka. Ia diduga telah mengajak orang lain untuk berkerumun di tengah pandemi Covid-19.

"Dia bilang enggak ada niatan tapi yang terjadi adalah kerumunan karena memang sudah kebiasaan bagi dia sama temen-temennya yang lain," katanya.

Pengurus Pusat The Jakmania telah minta maaf atas kerumunan suporter Persija Jakarta yang terjadi di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta pada Minggu (25/4).

Ketua Umum The Jakmania Diky Soemarno yang masih menjalani masa karantina Covid-19, saat diminta tanggapan oleh CNN Indonesia soal kejadian tersebut, langsung mengirimkan pernyataan resmi.

"Kami memohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi apabila perayaan juara yang dilakukan oleh teman-teman the Jakmania menimbulkan keresahan." Begitu bunyi pernyataan resmi The Jakmania.

(thr/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK