Tito Perintahkan Gubernur Larang Acara Halal Bihalal Lebaran

CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 19:10 WIB
Mendagri Tito Karnavian melarang kegiatan buka puasa bersama hingga halal bihalal. Pemerintah daerah diminta untuk menegakkan aturan. Mendagri Tito Karnavian. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melarang buka puasa bersama dan halal bihalal pada Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Larangan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 800/2784/SJ yang diteken 4 Mei 2021.

Lewat surat itu, mantan Kapolri itu melarang kegiatan buka puasa bersama tahun ini. Dia memerintahkan kepala daerah untuk menegakkan larangan tersebut.

"Melakukan pelarangan kegiatan buka puasa bersama yang melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah 5 (lima) orang selama bulan Ramadan 1442 H/Tahun 2021," kata Tito dalam surat tersebut. CNNIndonesia.com mendapat konfirmasi keaslian surat tersebut dari Kapuspen Kemendagri Benni Irwan, Selasa (4/5).


Tito juga memerintahkan kepala daerah untuk melarang kegiatan open house atau halal bihalal. Larangan itu berlaku bagi seluruh pejabat ataupun aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahan daerah.

Tito menyebut larangan ini sebagai bagian dari antisipasi. Pemerintah enggan membiarkan lonjakan kasus Covid-19 terjadi seperti tahun lalu.

"Mencermati terjadinya peningkatan kasus penularan Covid-19 khususnya pada perayaan Idulfitri 1441 H/Tahun 2020 yang lalu serta pascalibur Natal dan Tahun Baru 2021, perlu dilakukan antisipasi pelaksanaan kegiatan selama bulan Ramadan 1442 H/Tahun 2021 dan menjelang perayaan, saat, dan pasca-Hari Raya Idulfitri 1442 H/Tahun 2021," tulis Tito.

Sebelumnya, pemerintah menerapkan kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berskala mikro (PPKM Mikro). Kebijakan pembatasan itu digelar pada 4-17 Mei.

Pemerintah juga menerapkan larangan mudik pada liburan Idulfitri tahun ini. Pemerintah melarang warga pulang kampung pada 6-17 Mei.

(dhf/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK