Warga Bekasi Nekat Mudik Dikarantina di Stadion Patriot

CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 19:40 WIB
Pemkot Bekasi tidak mau ada lonjakan kasus virus corona akibat warga nekat mudik di tengah pandemi. Warga Bekasi yang nekat mudik bakal dikarantina di Stadion Patriot Candrabhaga (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat menyiapkan Stadion Patriot Candrabhaga sebagai tempat untuk mengarantina warga yang mudik Lebaran. Sekembalinya dari kampung halaman, warga yang mudik akan dikarantina di stadion dalam rentang waktu yang ditentukan.

"Kalau ada yang nakal, pulang dari kampung dan kedapatan, kami masukan ke situ dulu," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi seperti dikutip dari Antara, Selasa (4/5).

Rahmat Effendi, yang akrab disapa Pepen, mengingatkan warga untuk mematuhi larangan mudik yang berlaku 6 sampai 17 Mei 2021. Dia mengingatkan bahaya penularan virus corona yang melonjak jika warga tetap ingin mudik.


Apabila nanti kedapatan pulang ke kampung halaman saat Lebaran, Pepen menegaskan kembali bahwa warga bakal dikarantina di Stadion Patriot Candrabhaga.

"Stadion kosong sekarang, fasilitasnya mulai dari kamar mandi, tempat tidur ada. Fasilitas kesehatan juga lengkap," katanya.

Petugas menyiapkan peralatan kesehatan di ruang isolasi pasien COVID-19 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/9/2020). Pemerintah setempat menyiapkan ruang isolasi tambahan yang dapat menampung 55 pasien COVID-19. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.Petugas menyiapkan peralatan kesehatan di ruang isolasi pasien COVID-19 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww).

Ia menekankan pentingnya kesadaran warga menunda mudik dalam upaya mencegah terjadinya lonjakan penularan virus corona. Dia meminta warga untuk tidak pulang ke kampung halaman terlebih dahulu untuk saat ini.

"Kecuali ada sesuatu yang luar biasa di kampung. Tetapi itu pun izinnya berlapis. Tetapi kalau mengunjungi keluarga karena tradisi, sekarang tolong ditunda dulu," katanya.

Diketahui, pemerintah melarang masyarakat mudik Lebaran tahun ini demi mencegah lonjakan penularan virus corona. Larangan berlaku 6 sampai 17 Mei mendatang.

(Antara/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK