Ahli Sidang Rizieq: Sakit Tapi Mengaku Sehat Itu Bohong

CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 19:11 WIB
Ahli dalam sidang Rizieq menyebut jika ada orang yang sakit mengaku sehat termasuk kategori berbohong dan dapat dipidana. Rizieq lantas memprotes jaksa. Sidang Rizieq Shihab di PN Jaktim. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Menanggapi itu, Rizieq meminta majelis hakim agar berbagai jawaban Trubus dalam Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) kasus kabar bohong tes swab di RS Ummi untuk dicabut.

Rizieq memprotes bahwa penyidik telah menggiring jawaban saksi ahli melalui pelbagai pertanyaannya dalam BAP tersebut.

"Saya tak ragukan keilmuannya, teori dan kompetensinya bagus sekali. Artinya penyidik yang menyodorkan. Saya hanya jelaskan penyidik ini menggiring dan mengarahkan saksi ahli. Maka itu saya mohon [jawaban di BAP] nomor 13, 14 dan 15 huruf a sampai i itu semua jawaban terhadap fakta," kata Rizieq.


Rizieq menilai seorang ahli yang dihadirkan penyidik seharusnya menjawab berdasarkan keahliannya dan kompetensinya. Ia mengkritik bahwa penyidik justru menggiring ahli untuk menjawab terkait fakta-fakta saat melakukan BAP.

Rizieq lantas mencontohkan poin 13 dan 14 dalam BAP yang dijawab ahli merupakan jawaban menyangkut fakta.

Poin 13 jawaban ahli dalam BAP menyimpulkan bahwa Rizieq terkonfirmasi covid-19 dan diabetes melitus. Sementara itu, poin 14 jawaban ahli dalam BAP menyatakan bahwa ucapan Rizieq, Direktur RS Ummi Andi Tatat, menantu Rizieq Hanif Alatas masuk dalam keterangan bohong.

"Saya tak salahkan saksi, saya sampaikan ini jawaban terkait fakta. Kami tolak fakta ditanyakan kepada saksi ahli. Karena ini langsung menyebut," kata Rizieq.

"Ini kesimpulan terhadap fakta. Apa-apa terkait fakta tolong diabaikan," tambahnya.

Diketahui, Rizieq Shihab sempat membuat pernyataan dalam sebuah video terkait pelayanan RS Ummi. Video itu lantas diunggah ke kanal YouTube resmi milik RS Ummi.

Dalam video tersebut, Rizieq mengaku hasil pemeriksaannya baik dan akan pulang dari RS Ummi karena merasa sudah segar.

Dalam dakwaannya, jaksa menilai pernyataan Rizieq itu tidak sesuai dengan hasil tes yang menunjukkan bahwa Rizieq telah dinyatakan positif Covid-19.

(rzr/pris)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK