Disekat, Kendaraan Keluar-Masuk Kab. Bandung Turun 20 Persen

CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 22:39 WIB
Volume kendaraan keluar-masuk Kabupaten Bandung diklaim turun 15-20 persen dibanding hari pertama larangan mudik. Volume kendaraan di Tol Cileunyi diklaim turun. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Bandung, CNN Indonesia --

Satuan Lalu Lintas Polresta Bandung mencatat volume kendaraan yang masuk dan keluar Kabupaten Bandung turun 15-20 persen, per Jumat (7/5), dibandingkan dengan hari pertama larangan mudik.

Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Erik Bangun Perkasa mengatakan penurunan volume kendaraan tersebut terjadi pada Jumat pagi hingga siang hari tadi.

"Untuk arus lalu lintas yang mengarah keluar dan masuk Kabupaten Bandung ada penurunan sekitar 15-20 persen dibanding hari pertama kemarin," kata Erik saat ditemui di Posko Cileunyi, Kabupaten Bandung.


Menurut Erik, menurunnya volume kendaraan tersebut karena faktor sosialisasi petugas gabungan terkait larangan mudik sehingga masyarakat mengurungkan niat untuk pulang ke kampung halaman.

"Mungkin ini karena sosialisasi yang sudah baik dan diterima masyarakat untuk tidak mudik Lebaran tahun ini," ujarnya.

Meski demikian, Erik menyebut pada hari kedua ini sudah ada 365 kendaraan yang diperiksa oleh tim gabungan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 115 di antaranya diputar balik karena terindikasi mudik.

"Dari pukul 00.00 WIB hingga siang pukul 11.00 WIB, ada 365 kendaraan yang diperiksa, baik roda empat dan roda dua. 115 kita putar balik," ujarnya.

Posko Cileunyi menjadi salah satu titik penyekatan kendaraan yang memasuki Kabupaten Bandung. Pintu Gerbang Tol Cileunyi sendiri merupakan jalur strategis bagi masyarakat yang akan menuju wilayah selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Erik memastikan petugas gabungan berjaga 24 jam di lokasi penyekatan. Selain itu, pihaknya juga menyediakan ambulans bagi masyarkat yang membutuhkan pertolongan mendesak di wilayah Cileunyi.

Pada hari pertama larangan mudik, Kamis (6/5), pihak Polresta Bandung telah memeriksa 1.401 kendaraan. Sebanyak 414 kendaraan diputar balik karena terindikasi mudik dan tidak memenuhi kelengkapan syarat perjalanan di masa larangan mudik lebaran.

Adapun rincian kendaraan yang diputar balik yaitu roda empat pribadi sebanyak 281 unit, roda empat penumpang 60 unit, dan roda empat barang 73 unit.

(hyg/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK