UPDATE CORONA 7 MEI

Rangkuman Covid: Mudik Aglomerasi Dilarang, Opsi Tutup WNA

CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 17:59 WIB
CNNIndonesia.com merangkum sejumlah peristiwa berkenaan dengan penanggulangan pandemi virus corona. Pemerintah melarang masyarakat mudik Lebaran tahun ini guna menghindari lonjakan kasus positif virus corona (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Virus corona (Covid-19) masih mewabah di Indonesia sejak kasus positif pertama kali diumumkan pada awal Maret 2020. Sejumlah kebijakan dari pemerintah serta peristiwa yang mengiringinya masih terus terjadi hingga menjadi sorotan.

CNNIndonesia.com telah merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, yakni sebagai berikut.

Mudik Aglomerasi Dilarang

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa segala bentuk mudik tidak boleh dilakukan. Baik jarak jauh maupun mudik lokal antarwilayah aglomerasi tetap dilarang selama 6-17 Mei mendatang.


Hanya saja, aktivitas atau perjalanan non-mudik di wilayah aglomerasi boleh dilakukan agar perekonomian tetap berjalan.

"Saya tegaskan pemerintah melarang apapun bentuk mudik, baik lintas provinsi maupun satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi," kata Wiku.

Petugas gabungan melakukan simulasi penyekatan total larangan mudik lebaran di gerbang keluar Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/5/2021). Simulasi yang dilakukan oleh petugas gabungan dari Satlantas Polresta Bandung dan Dishub Kabupaten Bandung tersebut merupakan bagian dari penerapan larangan mudik yang resmi berlaku pada Kamis (6/5/2021) hingga Senin (17/5/2021). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.Warga dilarang mudik Lebaran tahun ini demi menghindari lonjakan kasus positif virus corona (Covid) (Antarafoto)

SIKM di Jabodetabek

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin mewajibkan warga yang berdomisili di Jakarta membawa surat tugas dari kantor atau perusahaan selama larangan mudik 6-17 Mei.

Arifin menjelaskan ketentuan itu mengacu Keputusan Gubernur soal Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Ibu Kota selama larangan mudik, termasuk kegiatan mudik lokal di wilayah aglomerasi.

Tak hanya DKI, Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman juga menyampaikan masyarakat pekerja sektor informal maupun non-pekerja wajib membawa SIKM.

Sementara Pemerintah Kota Depok menerbitkan Surat Dispensasi Keluar Masuk (SDKM) sebagai syarat perjalanan keluar masuk Kota Depok selama masa larangan mudik lokal.

Dua WN China Positif Covid

Sedikitnya dua orang dari rombongan 85 Warga Negara (WN) China yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten pada Selasa (4/5) lalu dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Mereka adalah WN China berinisial HLY yang merupakan pria berusia 66 tahun, dan HJJ yang merupakan pria berusia 31 tahun. Keduanya dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes PCR swab pertama, tak lama setelah mereka tiba di Indonesia.

Kedatangan rombongan WN China sendiri sempat jadi sorotan di media sosial. Namun, pihak bandara menegaskan bahwa protokol kesehatan telah dijalankan.

Opsi Tutup Akses WNA

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan tak menutup kemungkinan pemerintah bakal menutup akses pintu masuk kedatangan WNA secara penuh. Khususnya WNA asal negara yang menjadi episentrum varian covid-19 baru.

"Iya akan ada [penutupan akses WNA]. Karena kita berusaha adaptif dengan situasi," kata Wiku melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (7/5).

Pertimbangan itu berkenaan dengan lonjakan kasus positif virus corona di berbagai negara. Sejauh ini, pemerintah sudah menutup kedatangan WNA yang datang dari India.

Dua warga negara asing (WNA) berbincang dengan petugas TNI untuk proses karantina setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (29/12/2020). Pemerintah Indonesia memutuskan melarang seluruh WNA masuk wilayah Indonesia mulai 1 Januari hingga 14 Januari 2021, hal tersebut dilakukan guna mencegah munculnya varian baru virus corona yang memiliki daya tular yang sangat cepat yang tengah marak di inggris dan Eropa. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nzPemerintah membuka opsi melarang seluruh warga negara asing datang ke Indonesia guna mencegah penularan virus corona varian baru  (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nz)

7,5 Juta Vaksin Sinopharm

PT Bio Farma (Persero) mengatakan sudah ada komitmen vaksin Covid-19 dari Sinopharm mencapai 7,5 juta dosis. Vaksin itu akan masuk ke Indonesia secara bertahap sampai September 2021.

Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Hariyanto mengatakan vaksin Sinopharm yang dikirim ke Indonesia sejauh ini baru 500 ribu dosis dari total komitmen. Jumlah itu yang akan digunakan untuk vaksinasi gotong royong.

Jumlah Kasus Covid RI

Data harian yang dirilis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan ada penambahan kasus Covid-19 baru sebanyak 6.327 orang pada hari ini, Jumat (7/5).

Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 5.891 kasus dan kasus meninggal 167 kasus baru.

Secara kumulatif, sebanyak 1.703.632 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 1.558.423 orang dinyatakan pulih, 98.546 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 46.663 lainnya meninggal dunia.

(khr/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK