7 Kasatgas KPK Dinonaktifkan & Kasus-kasus Kakap yang Digarap

CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 12:20 WIB
Sebanyak 7 dari total 75 pegawai KPK yang dinonaktifkan merupakan kepala satgas penyidikan korupsi. Berikut daftar 7 kasatgas KPK dan kasus yang ditangani. Penyidik KPK Novel Baswedan (kanan) dan Ambarita Damanik (kiri) saat hendak menjadi saksi kasus tindak pidana korupsi pengadaan pekerjaan KTP elektronik (E-KTP) di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (27/3). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak tujuh Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangani beberapa kasus dugaan korupsi kakap dinonaktifkan menyusul hasil asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) alih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Informasi tersebut dikonfirmasi langsung oleh penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

"Iya [tujuh Kasatgas]. Itu yang penyidik. Penyelidik juga ada dan beberapa bidang kerja penting lain [dinonaktifkan]," ujar Novel kepada CNNIndonesia.com, Selasa (11/5).


Berikut daftar tujuh Kasatgas penyidik KPK yang dinonaktifkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) mengenai hasil asesmen TWK.

1. Novel Baswedan

Novel merupakan Kasatgas dalam kasus dugaan korupsi penetapan izin ekspor benih lobster (benur) yang menjerat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Kiprahnya mengusut korupsi besar membuat ia menjadi sasaran empuk serangan balik para koruptor dan pihak-pihak lainnya. Kedua matanya pun kini rusak usai disiram air keras. Diduga hal itu terjadi berkaitan dengan pengusutan salah satu kasus megakorupsi yang ia tangani.

Selama di lembaga antirasuah, Novel juga tercatat menangani perkara korupsi simulator SIM hingga dugaan suap penanganan sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan tersangka Ketua MK Akil Mochtar. Selain Novel belakangan juga diketahui menggawangi kasus mafia hukum yang menjerat mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurrachman.

2. Ambarita Damanik

Pensiunan Polri yang masuk KPK sejak 2005 ini telah menangani sejumlah kasus korupsi besar. Di antaranya kasus megakorupsi pengadaan e-KTP tahun anggaran 2011-2013. Ia turut ambil bagian ke dalam tim yang menangkap Ketua DPR saat itu Setya Novanto.

Damanik, yang sempat terpilih menjadi perwira di Satgas Antibom--cikal bakal Densus 88--ini juga pernah menangani kasus dugaan korupsi Bank Century, kasus taipan Samin Tan hingga, kasus korupsi benur Edhy Prabowo.

3. Budi Agung Nugroho

Nama ini merupakan Kasatgas dalam penyidikan kasus dugaan suap reklamasi Teluk Jakarta tahun 2016. Adapun KPK telah memproses hukum eks Ketua Komisi D DPRD DKI M. Sanusi dan bos PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja dalam penanganan perkara ini.

Selain itu, ia juga menangani dugaan korupsi terkait perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Kementerian ESDM tahun 2013 yang menyeret eks Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana.

Infografis TERJARING OTT KPK 2020Infografis Terjaring OTT KPK 2020.(CNNIndonesia/Basith Subastian)

4. Andre Dedy Nainggolan

Andre merupakan Kasatgas yang memimpin penanganan kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19 yang menyeret mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara ke muka persidangan. Bersama penyidik Praswad--yang juga dinonaktifkan--ia berhasil membuat total lima tersangka mempertanggungjawabkan perbuatan mereka secara hukum.

Adapun perkara ini masih terus berjalan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat. Teranyar, KPK mengumumkan tengah melakukan penyelidikan baru terkait kasus ini. Ketua Komisi III DPR RI, Herman Hery, telah dimintai keterangan pada Jumat, 30 April 2021.

Lanjut baca ke halaman berikutnya ...

Penyidik Kasus Korupsi Heli hingga Rekening Gendut Polri

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK