Polisi-TNI Sweeping Arus Balik di Tol Kalikangkung Semarang

CNN Indonesia | Minggu, 16/05/2021 14:10 WIB
Pemeriksaan dilakukan pada jarak 100 meter sebelum masuk Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, setiap mobil diperiksa surat bebas Covid-19. Polisi dan TNI razia di gerbang Tol Kalikangkung Semarang arah Jakarta. (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aparat Kepolisian melakukan 'sweeping' atau pemeriksaan terhadap seluruh mobil yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang menuju arah Jakarta usai lebaran 2021.

Pemeriksaan dilakukan pada jarak 100 meter sebelum masuk Gerbang Tol Kalikangkung. Setiap mobil diminta berhenti dan diperiksa kelengkapan surat bebas Covid-19 oleh petugas Satlantas Polrestabes Semarang dan Kodim 0733 BS Semarang serta petugas Jasa Marga Cabang Semarang.

Untuk pengemudi mobil yang dapat menunjukkan surat tes covid-19 hasil negatif, akan langsung diberikan stiker biru berlogo Polri yang ditempel para kaca depan mobil sehingga tidak akan diperiksa lagi di pos penyekatan selanjutnya.


Sebaliknya, bila pengemudi mobil tidak memiliki surat bebas covid, maka petugas akan melakukan tes rapid antigen di posko gerbang tol.

"Ini yang kita lakukan di pos penyekatan gerbang tol Kalikangkung. Yang lengkap ada surat bebas covid kita langsung tempel stiker, yang tidak ada kita lakukan langsung tes antigen," ungkap Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Minggu (16/5).

"Kalau hasil negatif, kita ijinkan melanjutkan perjalanan, tapi kalau ada yang reaktif akan kita bawa ke Rumah Sakit untuk penanganan lanjut," tambahnya.

Senada dengan Irwan, Komandan Kodim 0733 BS Semarang Kolonel Yudhi Diliyanto juga menegaskan bila pemeriksaan juga akan dilakukan terhadap kendaraan yang menggunakan plat dinas Polri maupun TNI.

"Pemeriksaan kita lakukan menyeluruh, tanpa kecuali. Yang pakai plat dinas Polri dan TNI juga harus menunjukkan kelengkapan surat bebas Covid-19. Disini intinya kita memfasilitasi agar mereka yang balik ke arah Jakarta kondisinya benar-benar bebas Covid," ujar Yudhi.

Arus balik Lebaran diprediksi akan terjadi puncaknya pada hari ini, Minggu (16/5), seiring masa cuti libur Lebaran yang sudah usai.

(dmr/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK