Pemudik Lolos Pemeriksaan, Dites Antigen Kala Tiba di Rumah

CNN Indonesia | Minggu, 16/05/2021 17:20 WIB
Test antigen akan dilakukan kepada pemudik yang kembali ke Jakarta, namun tidak sempat dites di posko pemeriksaan oleh polisi. Ilustrasi pemeriksaan tes antigen pemudik. (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan test antigen Covid-19 akan dilakukan kepada pemudik yang kembali ke Jakarta, namun tidak sempat dites di posko pemeriksaan yang telah didirikan oleh pihaknya di sejumlah titik.

Yusri menyebut pihaknya telah bekerja sama dengan Pemprov DKI dan TNI untuk mendata warga yang mudik dan telah kembali ke Jakarta.

"Dari 3 pilar masing-masing kecamatan, Polsek, Koramil, bahkan sampai RT/RW, Babinsa dan Bhabinkamtibmas mendata warga-warganya yang memang mudik, kemudian diberi tanda di depan rumahnya bahwa warga tersebut ada berapa yang mudik," kata Yusri dalam keterangan video yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (16/5).


"Dari data itu kami lakukan swab pemburu Covid-19," imbuh dia.

Ia mencontohkan, kegiatan itu telah dilakukan di Kampung Tangguh Jaya RW 06, Pinangsia, Jakarta Barat. Di kampung itu, kata dia, ada 16 orang yang hari ini telah kembali dari perjalanan mudik, namun tidak sempat dites di posko pemeriksaan.

"Hari ini baru 16 yang pulang yang memang lolos, tidak diswab antigen selama penyekatan," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan setidaknya ada 12 pos pemeriksaan yang telah didirikan pihaknya. Selain di jalan tol, pos itu juga tersebar di terminal, hingga jalur arteri.
Ia menyebut operasi pemeriksaan akan berlangsung hingga 24 Mei mendatang

"Memang tanggal 17 (Mei) ini operasi ketupat berakhir, tapi kita perpanjang sampai 24 Mei, apakah kemungkinan ada lebih nanti karena diperkirakan tanggal 21-22, puncak arus balik, ini masih tentatif, kemungkinan akan diperpanjang melihat situasi mudik warga Jakarta," ujar dia.

(yog/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK