270 Pemudik Dites Antigen di Bekasi, 4 Positif Covid-19

CNN Indonesia | Minggu, 16/05/2021 15:32 WIB
Sebanyak empat orang pemudik dinyatakan positif Covid-19 melalui test antigen yang dilakukan di pos pemeriksaan Cikarang Timur, Bekasi. Ilustrasi mudik jalur Bekasi. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak empat orang pemudik dinyatakan positif Covid-19 melalui test antigen yang dilakukan di pos pemeriksaan Cikarang Timur, Bekasi, Jawa Barat. Jumlah itu merupakan akumulasi hingga Minggu (16/5) siang.

"Sampai dengan jam satu siang ini, jumlah pemudik yang telah dilaksanakan swab antigen sebanyak 270 orang, ada 4 yang positif," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di pos pemeriksaan Cikarang Timur, Minggu.

Ia menyampaikan, dua dari empat pemudik itu telah dibawa ke Wisma Atlet untuk tindakan selanjutnya. Sementara dua orang lagi, dibawa ke domisili asal untuk dilakukan isolasi.


"Dua sudah dibawa ke rumah sakit wisma atlet karena dia bukan warga yang ber-KTP DKI dan Bekasi, kemudian dua lagi akan dikembalikan ke domisili asal, yang satu dari Jakarta Timur, yang satu dari Tangerang," kata dia.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, mayoritas pemudik yang diperiksa adalah mereka yang menggunakan kendaraan roda dua. Hingga pukul 14.40, puluhan orang tampak mengantre untuk diperiksa.

Fadil menambahkan, pos itu akan dioperasikan pihaknya hingga 24 Mei mendatang.

"Pos ini akan didirikan dan bekerja sampai dengan tanggal 24 Mei namun jika pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua belum menurun maka posko ini akan diperpanjang," ujar Fadil.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal Istiono sebelumnya memprediksi, sekitar 1,5 juta masyarakat dari Jawa dan Sumatera yang akan kembali ke Jabodetabek menjelang akhir libur Lebaran.

Ia menyebut, untuk mengantisipasi lonjakan kasus usai libur, pihaknya telah menyiapkan total 109 titik posko untuk melaksanakan tes acak di sejumlah perbatasan memasuki DKI. Jumlah itu bertambah dari sebelumnya hanya 25 titik.

"Kemudian kita tambahkan lagi titik-titik di wilayah, ini sebagai titik untukk memperbanyak random test, semakin banyak titiknya semakin bagus. Ada sekitar, 109 titik yang kita bangun," kata Istiono, Sabtu (15/5).

(yog/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK