500 Orang Dites Acak di Tol Japek, 1 Pengendara Positif Covid

CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 07:00 WIB
Seorang pengendara dinyatakan positif covid-19 saat menjalani tes antigen acak di Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (16/5) malam. Ilustrasi. Pemeriksaan di titik penyekatan selama masa larangan mudik. (Foto: CNN Indonesia/Syakirun Niam)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang pengendara asal Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dinyatakan positif Covid-19 melalui rapid test antigen di pos pemeriksaan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 34B, Minggu (16/5) malam.

Kepala Bagian Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali mengatakan pengendara itu langsung dirujuk ke tempat isolasi di Kabupaten Bekasi.

"Datanya ada (yang diperiksa) 500 lebih. Baru satu (positif), karena dia orang Bekasi, tentunya ke rujukan Bekasi kabupaten. Dia dari Karawang," kata Dermawan di pos pemeriksaan Tol Jakarta-Cikampek KM 34B, Minggu (16/5).


Pantauan CNNIndonesia.com pada pukul 21.15 WIB, pemeriksaan masih dilakukan. Pengendara yang melewati tol arah Jakarta diminta menepikan kendaraannya dan menuju posko pemeriksaan yang telah disiapkan.

Jika pengendara telah memiliki surat bebas Covid-19, diizinkan untuk kembali melanjutkan perjalanan. Sementara bagi yang tidak punya, langsung dilakukan tes antigen.

Menurut Dermawan, dalam melakukan pemeriksaan itu, pihaknya membagi petugas dalam beberapa sif.

"Jadi dari jam 8 (malam) sampai nanti pukul 11. Kemudian nanti kita lanjutkan lagi dari 01.00 sampai 04.00. Paginya lagi nanti 08.00 sampai dengan 17.00. Jadi 24 jam kita hadir," kata dia.

Satu orang pengendara yang dinyatakan positif ini menambah akumulasi pengendara yang positif.

Sebelumnya sebanyak empat orang pemudik dinyatakan positif Covid-19 melalui test antigen yang dilakukan di pos pemeriksaan Cikarang Timur, Bekasi, Jawa Barat.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono memprediksi puncak arus balik Lebaran akan terjadi akhir pekan depan. Pasalnya, akhir pekan ini belum nampak terjadi puncak arus balik kendaraan yang masuk Jabodetabek.

Istiono mengatakan volume kendaraan yang melintasi arah Jabodetabek mencapai 21.000 unit pada akhir pekan ini, padahal biasanya jumlah kendaraan arus balik lebih dari 60.000 unit.

(yoa/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK