Puan Keliling Daerah, PDIP Sebut Kunker Sembari Kenalkan Diri

CNN Indonesia | Kamis, 10/06/2021 05:05 WIB
Wasekjen PDIP Utut Adianto membenarkan bahwa Puan Maharani mulai berkeliling ke sejumlah daerah untuk memberi pengarahan kepada kadernya. Ketua DPP PDIP bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Utut Adianto membenarkan bahwa Ketua DPP PDIP bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani mulai berkeliling ke sejumlah daerah.

Menurutnya, Puan akan memberikan pengarahan kepada kader PDIP. Sebanyak dua daerah telah dikunjungi putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu, yakni Jawa Tengah dan Sulawesi Utara.

Menurut Utut, langkah Puan itu merupakan rangkaian kunjungan kerja. Namun, ia tak membantah bila ada kalangan yang menganggap langkah Puan itu sebagai upaya memperkenalkan diri jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.


"Yang saya tahu kunjungan kerja, tapi kalau sembari kunjungan kerja dianggap orang mengenalkan diri boleh saja," kata Utut kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (9/6).

Ia menyampaikan, agenda Puan dalam kunjungan ke sejumlah daerah itu jelas. Utut pun tidak mempersoalkan sikap sejumlah daerah yang menyambut Puan seperti calon presiden dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

"Tetapi yang saya tahu itu kunjungan kerja dengan agenda yang jelas, kalau di sana kemudian disambut bak calon presiden itu kan daerahnya," kata Utut.

Lebih lanjut, Ketua Fraksi PDIP DPR RI itu meminta Puan fokus bekerja sebagai Ketua DPR dibandingkan menyiapkan diri sebagai capres 2024.

Utut bilang, keputusan terkait sosok yang akan diusung menjadi capres 2024 mendatang menunggu keputusan Megawati.

"Termasuk kepada Mbak [Puan] saya sarankan berkonsentrasi sebagai ketua DPR, DPR itu kan anggaran legislasi," katanya.

Puan diketahui memberikan pengarahan kepada kader PDIP di Jawa Tengah pada 22 Mei 2021 dan Sulawesi Utara pada 7 Juni 2021.

Pada dua kesempatan itu, Puan berbicara seputar politik, mulai dari pentingnya calon pemimpin turun menemui masyarakat hingga menceritakan kemudahan karier politiknya lantaran menyandang status anak Megawati.

Berdasarkan survei Arus Survei Indonesia (ASI) diketahui bahwa elektabilitas Puan masih berada di peringkat 10 sosok potensial capres 2024. Puan hanya mendapatkan elektabilitas 2,3 persen saat ini dan tertinggal jauh dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang duduk di peringkat pertama dengan elektabilitas 12,5 persen.

(mts/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK