Satgas Minta Pegawai McD Dites Covid Imbas Antrean BTS Meal

CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 12:28 WIB
Satgas Covid-19 meminta agar pelacakan kontak atau tracing lekas dilakukan jika ada pegawai McDonald's yang positif Covid-19. Promo BTS Meal yang dikeluarkan McDonald's menimbulkan kerumunan abai protokol kesehatan di banyak gerai (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta agar pegawai gerai McDonald's yang melayani antrean saat promo BTS Meal dites virus corona. Penyemprotan disinfektan di gerai McDonald's juga perlu dilakukan.

Sebelumnya, terjadi kerumunan abai protokol kesehatan di sejumlah gerai McDonald's di berbagai daerah akibat promo BTS Meal.

"Perlu adanya upaya pencegahan yang dapat dilakukan misalnya melakukan disinfeksi secara rutin maupun bisa pula melakukan testing kepada pegawai di sana," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (11/6).


Apabila ada pegawai yang dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes, Wiku mengimbau agar pelacakan kontak atau tracing lekas dilakukan. Dia mengatakan itu wajib dilakukan guna mendeteksi rantai penularan.

"Tracing dilakukan jika telah ditemukan kasus positif. Jika sudah ditemukan maka tracing wajib dilakukan,"

Wiku lalu menyayangkan manajemen McDonald's yang tidak mengantisipasi terjadi antrean panjang sebelum mengeluarkan promo BTS Meal.

Pemerintah, lanjutnya, sudah melonggarkan sejumlah sektor agar perekonomian kembali bergerak ke arah yang positif. Namun disayangkan ketika ada yang memanfaatkan pelonggaran itu tetapi abai protokol kesehatan.

"Saya sangat menyayangkan kejadian ini karena pada prinsipnya pemerintah telah memberikan hak dalam membuka kembali beberapa sektor secara terkendali namun nyatanya hak ini malah disalahgunakan oleh pengelola bahkan sama sekali tidak menjalankan protokol kesehatan," kata dia.

Wiku meminta antrean di McDonald's menjadi bahan evaluasi bersama antara pemerintah daerah, pelaku usaha, dan juga masyarakat.

Ia mengingatkan bahwa hingga saat ini seluruh provinsi di Indonesia masih menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Sejauh ini, Polda Metro Jaya telah meminta pihak McD untuk menghilangkan paket BTS meal untuk sementara demi mencegah kerumunan massa. Namun, Polda belum memasukkan perkara ini ke ranah pidana dan masih mengedepankan upaya preventif.

Polisi pun telah memanggil beberapa pengelola gerai McDonald's untuk diklarifikasi terkait kerumunan massa imbas promo BTS meal. Klarifikasi ini dilakukan oleh jajaran Polsek dan Polres di masing-masing wilayah.

(khr/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK