UPDATE CORONA 11 JUNI

Rangkuman Covid: Kedatangan Vaksin, Efek Samping Invermectin

CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 17:54 WIB
Indonesia kembali kedatangan pasokan vaksin AstraZeneca dan Sinophram hingga BPOM mengingatkan efek samping obot Invermectin untuk pasien Covid-19 di Kudus. Indonesia kembali kedatangan 1,5 juta dosis vaksin AstraZeneca dan 1 juta dosis vaksin Sinopharm. Ilustrasi (Rusman - Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus positif Virus Corona (Covid-19) mulai meningkat dalam beberapa hari terakhir. Dalam dua hari beruntun, positif Covid-19 bertambah di atas 8.000 kasus.

Lonjakan kasus Covid-19 pun memunculkan klaster-klaster mikro di sejumlah daerah, termasuk DKI Jakarta. Sementara itu, lonjakan siginifikan terjadi di Kabupaten Kudus dan Kabupaten Bangkalan.

Pemerintah pusat dan daerah terus berupaya menekan laju penyebaran virus corona, mulai dari pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro hingga vaksinasi di sejumlah daerah.


CNNIndonesia.com merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut.

Kedatangan Vaksin Covid-19

Indonesia kedatangan 1.504.800 dosis vaksin jadi produksi perusahaan asal Inggris, AstraZeneca, Kamis (10/5) malam. Pada siang ini, Indonesia juga kedatangan 1 juta dosis vaksin Sinopharm.

Saat ini Indonesia sudah menerima 8.228.400 dosis vaksin AstraZeneca yang didapatkan secara gratis. Sementara secara keseluruhan, Indonesia sudah menerima 94.728.400 dosis vaksin baik bulk (mentah) maupun vaksin jadi.

Kerumunan Vaksinasi di Bandung

Kegiatan vaksinasi Covid-19 secara masif di Gedung Grand Ballroom Sudirman, Kota Bandung pada Jumat (11/6) disambut antusias warga. Memasuki hari kedua pelaksanaan vaksinasi, kerumunan tak terhindarkan saat warga hendak masuk ke area gedung.

Vaksinasi massal ini diperuntukkan oleh warga Bandung raya meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

Wanti-wanti Efek Samping Invermectin

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengingatkan Invermectin yang saat ini mulai digunakan di Kabupaten Kudus sebagai obat pasien terpapar virus corona memiliki efek samping yang cukup beragam.

BPOM menyebut Invermectin merupakan obat keras yang pembeliannya dan penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter.

Invermectin yang digunakan tanpa indikasi medis dan tanpa resep dokter dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan efek samping, antara lain nyeri otot dan sendi, ruam kulit, demam, pusing, sembelit, diare, mengantuk, hingga Sindrom Stevens-Johnson.

Sultan Yogya Terapkan PPKM Super Mikro

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berencana lebih memperketat aturan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Upaya ini dilakukan menyikapi lonjakan kasus Covid-19 di DIY selama tiga hari belakangan.

"Yang sudah kita mencapai 130an kasus per hari, naik dari 200, 300, sekarang 400 kasus per hari," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat (11/6).

Menurut Sultan, kemunculan klaster-klaster Covid-19 di desa-desa turut berkontribusi dalam kenaikan kasus akhir-akhir ini.

"Kami prinsip akan tetap menggunakan PPKM yang ada, tapi mungkin ada tambahan-tambahan teknis lebih mikro pada aspek pengawasan," imbuh Ngarsa Dalem.

Suntikan Vaksin Capai 25,4 Juta Dosis

Kementerian Kesehatan mencatat sebanyak 19.669.968 orang telah menerima suntikan dosis vaksin virus corona per Jumat (11/6) Pukul 12.00 WIB.

Sementara 11.525.638 orang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin Covid-19 di Indonesia.

Data Covid-19 RI 11 Juni 2021

Data harian yang dirilis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 per hari ini Jumat (11/6) mencatat penambahan kasus Covid-19 sebanyak 8.083 orang pada hari ini.

Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 6.230 kasus, dan kasus meninggal 193 kasus.

Secara kumulatif, total positif Covid-19 di Indonesia mencapai 1.894.025 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 1.735.144 orang dinyatakan sembuh, 106.315 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 52.566 lainnya meninggal dunia.

(khr/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK