Daftar Elektabilitas Para Pemimpin Parpol Bakal Capres 2024

CNN Indonesia
Sabtu, 12 Jun 2021 06:01 WIB
Berdasarkan hasil survei tiga lembaga, elektabilitas sejumlah pemimpin parpol saling bersaing sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024. Prabowo Subianto saat menjadi calon presiden pada Pilpres 2019, menyapa massa pendukungnya dari dalam mobil menuju Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Jumat (10/8). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Jakarta, CNN Indonesia --

Nama sejumlah pemimpin partai politik mulai muncul ke publik sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024. Mayoritas dari mereka adalah ketua umum, namun ada juga di antara mereka yang hanya menduduki jabatan ketua bidang.

Mereka antara lain Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), serta Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani.

Berdasarkan hasil survei terakhir yang dilakukan tiga lembaga berbeda, elektabilitas para pemimpin parpol itu berbeda-beda. Namun, dari tiga lembaga survei berbeda itu menyatakan bahwa elektabilitas Prabowo sebagai capres 2024 merupakan yang tertinggi pada saat ini.


Pada tiga hasil survei itu Prabowo mendapatkan angka di atas 12 persen. Selain Prabowo, tiga kepala daerah yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merupakan tokoh-tokoh yang kerap bersaing dalam bursa bakal capres 2024 saat ini.

Berdasarkan hasil survei Arus Survei Indonesia yang dirilis 8 Juni 2021, elektabilitas Prabowo dinyatakan berada di 12,5 persen. Lalu, AHY berada di 5,7 persen, Puan 2,3 persen, Cak Imin 1,3 persen dan Airlangga 0,9 persen.

Berbeda, berdasarkan hasil survei Parameter Politik Indonesia diketahui bahwa elektabilitas Prabowo berada di angka 18,3 persen, AHY 7 persen, dan Puan 1,7 persen. Di survei yang dirilis Parameter Politik Indonesia pada 5 Juni 2021 ini tidak terdapat nama Airlangga dan Cak Imin dalam daftar bakal capres 2024.

Sedangkan, berdasarkan hasil survei lembaga Y-Publica elektabilitas Prabowo 16,7 persen, AHY 3,2 persen, Puan 0,7 persen, dan Airlangga 0,5 persen. Sementara itu, nama Cak Imin terdapat dalam 15 nama bakal capres yang dirilis oleh Y-Publica yang dirilis 15 Mei 2021 itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim mengatakan rapat Tim Kerja Bersama persiapan Pemilu-Pilkada 2024 telah menyepakati jadwal pelaksanaan Pemilu hingga Pilkada 2024.

Menurutnya, waktu pencoblosan pileg dan pilpres berlangsung 28 Februari 2024. Sementara waktu pencoblosan Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November 2024.

Namun belakangan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan jadwal pencoblosan pemilihan anggota legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) pada 28 Februari 2024 belum resmi.

(mts/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER