Jokowi Perintahkan Anies Rampungkan Vaksinasi Jakarta Agustus

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 12:41 WIB
Presiden Jokowi memerintahkan Gubernur Anies agar pada akhir Agustus nanti, DKI Jakarta telah selesai melakukan vaksinasi kepada 7,5 juta penduduknya. Presiden Jokowi memerintahkan Gubernur Anies agar pada akhir Agustus nanti, DKI Jakarta telah selesai melakukan vaksinasi kepada 7,5 juta penduduknya. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menuntaskan vaksinasi Covid-19 pada bulan Agustus. Jokowi mengatakan ada 7,5 juta orang warga DKI yang harus disuntik vaksin demi mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Jokowi berkata Jakarta adalah daerah dengan mobilitas warga yang tinggi. Menurutnya, vaksin jadi penentu kesuksesan pemerintah membatasi penyebaran Covid-19 di Jakarta.

"Saya juga tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi," kata Jokowi di Rusun Tanah Tinggi, Jakarta, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/6).


Jokowi berharap seluruh elemen pemerintahan di DKI Jakarta bekerja keras mencapai target itu. Dia meminta aparat di tingkat kota hingga kelurahan menggenjot upaya vaksinasi Covid-19.

Mantan Wali Kota Solo itu memahami target tersebut tidak mudah. Namun, ia mengatakan cara ini jadi jalan keluar dari pandemi.

"Ini memang target yang sangat ambisus, tetapi mau tidak mau kita harus menuju ke sana untuk mencapai kekebalan komunal, herd immunity," ujarnya.

Pemerintah sendiri merencanakan vaksinasi Covid-19 terhadap 181,5 juta orang tahun ini. Target itu dicanangkan untuk mencapai kekebalan komunal.

Jokowi meminta percepatan vaksinasi mulai bulan Juni. Ia ingin Indonesia bisa menyuntik vaksin terhadap 700 ribu orang per hari bulan ini. Ia meminta kapasitas vaksinasi digandakan menjadi 1 juta orang per hari bulan depan.

(wis/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK