Saat Jubir Satgas Positif Corona di Tengah Lonjakan Kasus

CNN Indonesia | Minggu, 20/06/2021 07:26 WIB
Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan kronologi terpapar Covid-19 berawal dari 18 Juni 2021. Saat jubir Covid-19 terpapar Covid-19. (Biro Setpres/Rusman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.

Dalam keterangan resminya, Wiku menjelaskan kronologi terpapar Covid-19 berawal dari 18 Juni 2021. Saat itu dia melakukan swab antigen dan hasilnya positif. Selanjutnya, Ia mengonfirmasi hasil swab antigen tersebut dengan tes swab PCR.

"Hasilnya saya terima hari ini yaitu positif Covid-19," kata Wiku, Sabtu (19/6).


Ia mengatakan, dalam dua pekan terakhir melakukan kunjungan kerja ke wilayah yang mengalami lonjakan kasus, diantaranya Kudus dan Bangkalan.

Ia memperkirakan tertular virus corona saat tengah melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah tersebut.

"Seperti yang saya sampaikan, saya melakukan perjalanan dinas ke berbagai daerah dengan secara disiplin mematuhi protokol kesehatan. Terdapat kemungkinan saya terpapar saat melakukan kegiatan tersebut saat daya tahan tubuh mengalami penurunan karena kelelahan," tuturnya.

Lebih lanjut, Wiku mengatakan bahwa kondisi fisiknya dalam keadaan baik. Ia juga optimistis nantinya bisa segera sembuh dari virus tersebut.

Ia juga telah meminta kepada pihak yang memiliki kontak erat dengan dirinya untuk melakukan tes antigen sebagai upaya testing dan juga tracing.

"Saya juga meminta kepada masyarakat untuk secara disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata dia.

Sementara itu, tambahan kasus positif harian Covid-19 masih menunjukkan tren peningkatan. Per Sabtu (19/6), kasus positif secara nasional bertambah 12.906, sehingga akumulasi menjadi 1.976.172 kasus.

Dari total kasus positif tersebut, sebanyak 1.786.143 di antaranya telah sembuh dan 54.291 orang di antaranya meninggal dunia.

Selain itu, pada Jumat (18/6), tambahan kasus positif Covid-19 berada di angka 12.990 dalam sehari. Tambahan angka kasus Covid-19 yang nyaris mencapai 13 ribu itu menjadi yang tertinggi kedua setelah 30 Januari 2021.

(yoa/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK