UPDATE CORONA 21 JUNI

Rangkuman Covid: Kasus Tembus 2 Juta, Lockdown Tak Digubris

CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 17:52 WIB
Total kasus positif Covid-19 di Indonesia tembus 2 juta orang, Senin (21/6). Sementara, pemerintah memilih mengetatkan PPKM mikro ketimbang lockdown. Total kasus positif Covid-19 di Indonesia tembus 2 juta orang, Senin (21/6). Sementara itu, pemerintah menerapkan PPKM mikro yang diperketa mulai 22 Juni hingga 5 Juli. Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus konfirmasi positif virus corona (Covid-19) harian di Indonesia bertambah hingga 14.536 hari ini, Senin (21/6). Angka ini merupakan jumlah kasus harian tertinggi selama pandemi Covid-19 berlangsung di Indonesia.

Tambahan kasus tersebut juga membuat total kasus positif Covid-19 tembus 2 juta orang.

Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang penerapan PPKM skala mikro dengan sejumlah penguatan, mulai 22 Juni hingga 5 Juli 2021.


Padahal muncul desakan untuk pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat seperti awal pandemi tahun lalu hingga lockdown alias karantina wilayah.

CNNIndonesia.com merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut.

Pembatasan Mobilitas di DKI

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal mengalihkan arus lalu lintas di 10 ruas jalan yang menerapkan kebijakan pembatasan mobilitas di Jakarta.
Pembatasan mobilitas ini berlaku mulai Senin (21/6) malam. Penyekatan ruas jalan akan dilakukan pada pukul 21.00 hingga 04.00 WIB.

Dalam pelaksanaannya, ada empat hal yang menjadi pengecualian kendaraan yang masih diperbolehkan melintas di ruas jalan tersebut pada saat dilakukan penyekatan. Pengecualian berlaku bagi penghuni, aktivitas terkait kesehatan, tamu hotel, serta mobilitas dalam kondisi darurat.

Total Positif Covid-19 Tembus 2 Juta

Kasus positif Covid-19 bertambah sebanyak 14.536 orang hari ini. Sementara untuk kasus sembuh bertambah 9.233 kasus, dan kasus kematian naik 294 kasus.

Sehingga secara kumulatif, sebanyak 2.004.445 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 1.801.761 orang dinyatakan pulih, 147.728 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 54.956 lainnya meninggal dunia.

Satgas IDI Usul Lockdown 2 Pekan

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban mengusulkan agar pemerintah berani mencoba untuk menerapkan kebijakan karantina wilayah alias lockdown selama dua pekan.

Usulan itu ia sampaikan mengingat sebaran kasus virus corona di Indonesia mengalami lonjakan kasus dalam sepekan terakhir. Zubair menyebut karantina wilayah dapat menekan laju penularan virus corona.

Satgas Mentahkan Lockdown

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito mengatakan pemerintah tak akan mengambil opsi lockdown lantaran konsep tersebut sudah dilakukan saat awal pandemi Covid-19 tahun lalu.

Ganip menilai sejauh ini pemerintah telah mengadopsi beragam konsep dari lockdown, PSBB, PPKM, hingga PPKM Mikro. Menurutnya, kebijakan PSBB jika diterapkan juga berdampak besar terhadap sektor non-kesehatan.

Wisma Atlet Penuh

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyatakan keterisian Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19 telah penuh.

Ia menyampaikan pihaknya telah menyiapkan sejumlah tempat isolasi seiring dengan penuhnya Wisma Atlet itu. Beberapa di antaranya adalah Rusun Nagrak, Cilincing, yang akan mulai terisi hari ini.

PPKM Mikro Ketat 22 Juni-5 Juli 2021

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK