Sejarah Berdirinya NU Sejak Masa Penjajahan

tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 13:00 WIB
Nahdlatul Ulama atau NU adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Berikut sejarah berdirinya NU sejak masa penjajahan. Nahdlatul Ulama atau NU adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Berikut sejarah berdirinya NU sejak masa penjajahan.(Foto: CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nahdlatul Ulama atau NU adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. NU didirikan pada 31 Januari 1926. Sejarah berdirinya NU tak lepas dari peran besar sejumlah ulama yakni KH Hasyim Asy'ari, KH Wahab Hasbullah, dan KH Bisri Syansuri.

NU berawal dari pesantren-pesantren yang banyak terdapat di Jawa Timur. Saat itu, kaum terpelajar menyadari butuh pendidikan dan organisasi yang kuat untuk bisa melawan penjajah.

Pada 1916, lahir organisasi pergerakan untuk melawan penjajahan Belanda. Organisasi pergerakan ini dikenal dengan nama Nahdlatul Wathon atau Kebangkitan Tanah Air. Organisasi ini diinisiasi oleh KH Wahab Chasbullah.


Dua tahun berselang pada 1918, muncul organisasi yang bertujuan memberikan pendidikan sosial-politik kaum santri. Organisasi ini disebut dengan Taswirul Afkar atau lebih dikenal dengan Nahdlatul Fikri yang berarti Kebangkitan Pikiran. Organisasi ini terus berkembang ke beberapa kota di Indonesia.

Pada 1918, muncul pula organisasi untuk pedagang yang diberi nama Nahdlatul Tujjar yang artinya Kebangkitan Saudagar.

Pada 1926, para ulama melihat banyak masalah agama, mazhab, sosial, dan kebangsaan yang berkembang di masyarakat. KH Hasyim Asy'ari pun mendirikan Nahdlatul Ulama yang berarti Kebangkitan Ulama pada 1926. Kala itu, NU dipimpin oleh Hasyim Asy'ari sebagai Rais Akbar.

Infografis Santri dan Resolusi Jihad KH Hasyim Asy'ariSejarah berdirinya NU di Indonesia tak lepas dari peran besar KH Hasyim Asy'ari yang juga merupakan pahlawan nasional Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Timothy Loen)


NU merupakan kelanjutan dari organisasi yang telah ada sebelumnya. Namun, NU memiliki cakupan yang menyeluruh dibandingkan organisasi-organisasi sebelumnya.

Sejak saat itu, NU terus berkembang. NU memiliki peran besar dalam memajukan agama, sosial, dan politik di Indonesia. NU juga banyak mencetak ulama-ulama di Indonesia.

Itulah sejarah berdirinya NU pada 31 Januari 1926.

(din/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK