Sejarah Berdirinya Budi Utomo pada 1908

tim, CNN Indonesia | Senin, 28/06/2021 13:00 WIB
Budi Utomo adalah organisasi yang berdiri pada 1908. Sejarah berdirinya Budi Utomo berawal dari gagasan Dr Wahidin Soedirohusodo. Budi Utomo adalah organisasi pemuda yang didirikan oleh mahasiswa STOVIA. Sejarah berdirinya Budi Utomo dimulai dari Gedung STOVIA.(Foto: Collectie Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0)
Jakarta, CNN Indonesia --

Budi Utomo adalah organisasi pemuda yang menjadi awal kebangkitan Indonesia. Sejarah berdirinya Budi Utomo berawal dari gagasan dr Wahidin Soedirohusodo.

Pada 1907, Wahidin mengunjungi sekolah lamanya STOVIA (School Tot Opleiding Van Indische Artsen). Di depan para mahasiswa sekolah kedokteran itu, Wahidin menyerukan agar mereka membuat organisasi untuk mengangkat derajat bangsa.

Soetomo, salah seorang mahasiswa yang mendengar ide tersebut tertarik untuk menjalankannya.


Budi UtomoSejarah berdirinya Budi Utomo pada 1908 tak lepas dari peran dr Soetomo. Dia dan sejumlah pemuda lain mendirikan Budi Utomo yang idenya dicetuskan oleh dr Wahidin Sudirohusodo. (Foto dr Soetomo: Tangkapan layar web kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Alhasil, Soetomo dan sejumlah pemuda lain mendirikan Boedi Oetomo atau Budi Utomo di Batavia. Budi Otomo berdiri pada 20 Mei 1908. Organisasi ini menjadi organisasi pemuda pribumi pertama di Indonesia yang berjalan dengan baik.

Budi Utomo membentuk kepengurusan yang diganti secara periode, memiliki program kegiatan, dan memiliki kongres yang terjadwal. Salah satu program utama Budi Utomo adalah kemajuan yang harmonis bagi Nusa Jawa dan Madura.

Budi Utomo langsung bergerak cepat dan menggelar kongres pertama di Yogyakarta pada 3-5 Oktober 1909. Sejak saat itu Budi Utomo rutin mengelar kongres. Organisasi ini berkembang dari yang hanya terbatas pada orang Jawa, meluas menjadi orang Indonesia.

Berdirinya Budi Utomo memicu organisasi pergerakan lain muncul di Indonesia.

Dikutip dari Indonesia.go.id, muncul sejumlah organisasi lain seperti Syarikat Islam pada 1912, partai politik pertama di Hindia Belanda yakni Indische Partij (Partai Hindia) juga pada 1912, dan organisasi ISDV (Indische Sociaal Democratische Vereeniging) pada 1914. Muncul pula organisasi keagamaan Muhammadiyah pada 1912 dan Persatuan Islam pada 1920-an.

Kelompok pemuda lain juga tak ingin tertinggal. Lahir pula Jong Soematra Bond, Jong Java, Jong Celebes, Jong Ambon, Jong Islamieten Bond, Jong Batak, dan Jong Minahasa.

Sejak kehadiran Budi Utomo dan organisasi lain, perlawanan melawan penjajah lebih terorganisir dengan mengedepankan nasionalisme Indonesia.

Pergerakan Budi Utomo berakhir pada 1935 saat bergabung dengan Persatuan Bangsa Indonesia dan membentuk Partai Indonesia Raya (Parindra).

Pergerakan Budi Utomo menjadi tonggak baru kebangkitan Indonesia. Hari lahirnya Budi Utomo pun ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tahun.

Itulah sejarah berdirinya Budi Utomo, awal mula kebangkitan Indonesia.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK