DKI Jakarta Masuk Zona Merah Indonesia dalam Sepekan Terakhir

CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 07:18 WIB
Sejumlah daerah di provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta masuk kategori zona merah covid-19 dalam sepekan terakhir. Untuk DKI Jakarta, zona merah terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah daerah di provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta masuk kategori zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona (covid-19) dalam sepekan terakhir. Itu artinya, hanya Jawa Barat dan Banten yang bebas zona merah dalam data terakhir Satgas Penanganan Covid-19.

Berdasarkan data perkembangan terakhir per 20 Juni 2021 yang baru dirilis pada 24 Juni. Terdapat total 20 kabupaten/kota yang masuk zona merah. Jumlah daerah yang masuk zona merah pada pekan ini berkurang dibanding data pekan lalu yang hanya mencatat 29 wilayah yang dikategorikan zona merah.

Pada sepekan terakhir, zona merah didominasi Pulau Jawa, sisanya Pulau Sumatera. Rinciannya, 17 wilayah zona merah tercatat di Pulau Jawa, 3 lainnya di Sumatera.


Provinsi Jawa Tengah menjadi daerah penyumbang terbanyak zona merah pada sepekan terakhir.Dari 20 daerah zona merah, tujuh diantaranya disumbang oleh Jawa Tengah, dengan rincian Kabupaten Wonogiri, Kudus, Pati, Kendal, Tegal, Semarang, dan Jepara.

Untuk DKI Jakarta, zona merah terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Sehingga dapat dikatakan hampir seluruh wilayah administrasinya masuk zona merah kecuali Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Selanjutnya, Jawa Timur mencatat tiga daerah yang masuk zona merah, yakni Kabupaten Ponorogo, Ngawi, dan Bangkalan. Lalu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terjadi di Kabupaten Sleman, Bantul, dan Gunungkidul.

Sementara tiga lainnya dari pulau Sumatera. Rinciannya, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Kota Bukittinggi, Sumatera Barat; dan Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Lebih lanjut, penurunan zonasi juga terjadi di zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19. Dari pekan lalu tercatat sebanyak 339 wilayah zona oranye, sementara pekan ini berkurang menjadi 289 kabupaten/kota zona oranye. Jakarta Utara masuk dalam zonasi ini.

Sedangkan untuk zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 bertambah menjadi 170 wilayah, dari pekan lalu yang mencatat 121 kabupaten/kota masuk dalam zona kuning.

Sementara itu, 25 kabupaten/kota masuk dalam kategori zona hijau atau tidak ada kasus. Satgas Covid-19 juga mencatat satu wilayah yang tidak terdampak virus corona hingga saat ini adalah kabupaten Dogiyai di Papua.

Adapun penambahan kasus konfirmasi positif covid-19 yang terjadi pada Rabu (23/6) mencetak rekor baru selama pandemi covid-19 menjangkiti Indonesia sejak 2 Maret 2020. Data harian yang dirilis Satgas mencatat terdapat penambahan kasus covid-19 baru sebanyak 15.308 orang. Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 7.167 kasus, dan kasus meninggal 303 kasus baru.

Sehingga secara kumulatif, sebanyak 2.033.421 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 1.817.303 orang dinyatakan pulih, 160.524 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 55.594 lainnya meninggal dunia.

(khr/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK