Satgas: Covid RI Naik 42 Persen Sepekan, Jawa Dua Kali Lipat

CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 19:48 WIB
Kasus positif Covid-19 nasional mengalami peningkatan mencapai 42 persen selama sepekan terakhir. Ilustrasi Covid-19 di Indonesia. (CNN Indonesia/Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan perkembangan kasus positif Covid-19 nasional mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Peningkatan tersebut mencapai 42 persen selama sepekan terakhir.

Berdasarkan data harian yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 per hari Kamis (24/6), penambahan kasus kembali memecahkan rekor. Penambahan kasus harian per hari ini mencapai 20.574 orang. Secara kumulatif kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 2.053.995 orang.

Sementara itu, sepekan yang lalu, Kamis (17/6), Satgas mencatat pertambahan kasus sebanyak 12.624 orang. Sehingga, total kasus positif yang tercatat sebanyak 1.950.276. Dengan demikian, selama sepekan terakhir pertambahan kasus positif nasional mencapai 103.719 orang.


Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan kenaikan kasus Covid-19 telah berlangsung selama lima minggu berturut-turut.

Ia menyebut provinsi yang paling banyak berkontribusi dalam penambahan kasus tersebut berada di Pulau Pulau Jawa. Provinsi tersebut di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Provinsi-provinsi di Pulau Jawa dengan penambahan mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan dengan minggu lalu," ucap Wiku dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/6).

Terkait itu, ia meminta mekanisme koordinasi dan pembagian peran dalam menjalankan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dilakukan dengan benar dan seefektif mungkin.

"Dalam rangka pencegahan, Lurah/Kepala Desa sebagai pengendali Posko wajib berkoordinasi dengan Ketua RW untuk mendata kasus positif di tingkat RT di wilayah masing-masing, serta bersama Babinsa dan Babinkamtibmas memantau kepatuhan protokol kesehatan dan memberikan edukasi seputar COVID-19," ucapnya.

Diketahui, Indonesia tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19 dengan diiringi penemuan kasus varian corona baru yang masuk ke dalam kategori Variant of Concern (VOC).

Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI yang juga merupakan Ketua Tim Riset Whole Genome Sequencing (WGS) LIPI Sugiyono Saputra mengatakan VOC terdiri dari varian Alpha (B.1.1.7), Beta (B.1.351), Gamma (P.1) dan yang terbaru adalah Delta (B.1.617.2).

(yul/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK