UPDATE CORONA 24 JULI

Rangkuman Covid: Sidak Apotek hingga Nihil Demo Jokowi

CNN Indonesia | Sabtu, 24/07/2021 18:10 WIB
Rencana demo 'Jokowi End Game' di sekitar Istana Negara, Jakarta, tak dihadiri massa aksi. Sementara PPKM perlu diperbaiki untuk menekan lonjakan Covid-19. Kepolisian menyiapkan kendaraan taktis di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat untuk mengantisipasi massa aksi Jokowi End Game, Sabtu (24/7). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus harian positif Covid-19 di Indonesia bertambah 45.416 pada Sabtu (24/7). Dengan penambahan itu, jumlah kasus aktif virus corona saat ini mencapai 574.135 dengan suspek 264.578.

Sementara itu, kasus sembuh bertambah 39.767 orang, sedangkan kematian bertambah 1.415 sehingga kumulatif menembus 82.013 orang.

CNNIndonesia.com turut merangkum pelbagai kejadian selama 24 jam terakhir yang berkaitan dengan virus corona di Indonesia sebagai berikut.


Nihil Demo 'Jokowi End Game'

Hingga Sabtu (24/7) petang, tak ada massa aksi demonstrasi bertajuk 'Jokowi End Game' di sekitar Istana Negara, Jakarta. Aksi itu rencananya akan digelar sebagai buntut ketidakpuasan masyarakat terhadap penanganan pandemi Covid-19 oleh pemerintah, maupun penolakan perpanjangan PPKM.

Polda Metro Jaya bahkan mengerahkan 3.385 personel gabungan untuk melakukan pengamanan tersebut. Saat aksi belum dimulai, polisi telah mengamankan sejumlah pemuda di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Seruan aksi itu awalnya berasal dari selebaran poster yang tersebar di media sosial dan belum diketahui sumber awalnya.

Jokowi Sidak Apotek

Presiden Joko Widodo pada Jumat (23/7) sore sempat menyambangi sebuah apotek di Kota Bogor. Sambil membawa secarik kertas bertuliskan resep obat, presiden mengecek pasokan obat Covid-19 di apotek tersebut.

Namun, Jokowi mendapati beberapa stok obat justru kosong. Melihat hal itu, Jokowi langsung menelpon Menteri Kesehatan Budi Gunadi untuk meminta penjelasan.

PPKM Jakarta Perlu Perbaikan

Ombudsman Jakarta Raya menilai upaya pemerintah mengendalikan virus corona melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3 hingga 20 Juli 2021 masih perlu diperbaiki.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Teguh Nugroho mengatakan perbaikan itu bisa dilakukan dari sisi penapisan. Dari hasil pemantauan, pihaknya menemukan PPKM darurat berhasil menekan mobilitas warga. Tapi, angkanya belum sempurna.

Selain itu, Ombudsman Jakarta juga menyoroti fasilitas kesehatan. Ombudsman melihat masih ada pasien kritis yang baru mendapat ruangan isolasi setelah mengantre lama dan mengalami perburukan yang parah.

Jateng Butuh Oksigen

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan Jateng kekurangan stok oksigen hingga 40 persen usai kebutuhan meningkat karena lonjakan kasus Covid-19.

kekurangan pasokan oksigen, kata Ganjar, sudah terjadi sejak beberapa pekan lalu. Kondisi semakin berat saat penularan Covid-19 meningkat beberapa waktu terakhir.

Peneliti AstraZeneca Diminta Pulang

Menteri BUMN Erick Thohir meminta mahasiswa asal Indonesia di balik riset AstraZeneca, Indra Rudiansyah pulang ke Indonesia dan ikut serta mengembangkan vaksin Merah Putih maupun vaksin lain buatan dalam negeri.

Erick berharap Indra bisa mengaplikasikan teknik pembuatan vaksin AstraZeneca yang belum ada di Indonesia, yakni viral vector.

Indra diketahui masih menempuh studi S3 Jenner Institute University of Oxford melalui beasiswa LPDP. Erick berharap Indra dapat segera menyelesaikan pendidikannya.

Dilema Pemerintah Hadapi Covid-19

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengakui pemerintah memiliki banyak dilema dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dalam praktiknya, Ia mengatakan berbagai kebijakan yang didasarkan pada analisis ilmiah banyak menimbulkan pro dan kontra. Pendapat yang berbeda-beda muncul dari berbagai kalangan.

"Ada yang setuju, ada yang bertentangan, ada juga yang memberi alternatif," kata Mahfud.

Infografis - Rincian Anggaran Bansos PPKM DaruratInfografis Rincian Anggaran Bansos PPKM Darurat. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)

RSUD Wamena Papua Penuh Pasien Covid-19

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK