Gubernur Sulteng Siap Jamin Ali Kalora Cs Jika Serahkan Diri

CNN Indonesia | Sabtu, 31/07/2021 19:05 WIB
Gubernur Sulteng Rusdi Mastura mengingatkan dan meminta agar kelompok ini dapat berpikir jernih dan menyadari bila pemikiran mereka selama ini salah. Pengamanan di wilayah Poso. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura memastikan siap menjadi jaminan jika kelompok Mujahiddin Indonesia Timur berkenan menyerahkan diri. Cudi, sapaan Rusdi, mengingatkan kelompok pimpinan Ali Kalora itu dalam mempraktikkan ajaran Islam.

"Selama saya menjadi Gubernur, bila mereka itu mau keluar hutan, turun menyerah, saya yang akan tanggung jawab. Saya menjadi jaminan keamanan buat mereka. Mereka tidak diapa-apakan oleh aparat keamanan," kata Cudi, Sabtu (31/7).

Hal tersebut disampaikan Cudi usai pertemuan dengan Penanggung Jawab Kebijakan Operasi (PJKO) Satuan Tugas Madago Raya, Inspektur Jenderal Polisi Abdul Rakhman Baso dan Wakil (PJKO), Brigadir Jenderal TNI Farid Makruf di Poso. Pertemuan itu dihadiri pula oleh sejumlah perwira utama Satgas.


Cudi kembali mengingatkan dan meminta agar kelompok ini dapat berpikir jernih dan menyadari bila pemikiran mereka selama ini salah.

"Jangan melawan pemerintah, karena kami ini bekerja untuk kemaslahatan rakyat," sebut dia.

Irjen Pol Abdul Rahkman Baso dan Brigjen TNI Farid Makruf mengatakan pertemuan dengan Gubernur Rusdi memberi semangat baru bagi percepatan penuntasan perburuan kelompok itu. Sebelumnya mereka juga sudah menyampaikan jaminannya bila kelompok itu menyerah baik-baik.

"Pernyataan Gubernur sangat jelas, bahwa beliau bersedia menjadi jaminannya bila Ali Kalora dan kawan-kawannya menyerah. Gubernur juga sudah menyampaikan akan mendukung pembiayaan Operasi Satgas Madago Raya. Ini dukungan luar biasa," sebut Farid.

(far/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK