Hamil 7 Bulan Positif Covid, Perawat di Solo Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Senin, 02/08/2021 11:13 WIB
Seorang perawat berusia 25 tahun meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona. Sempat mendapat perawatan di ICU sebelum menghembuskan nafas terakhir. Ilustrasi meninggal dunia (iStockphoto)
Solo, CNN Indonesia --

Seorang perawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno (RSBK) Solo, Diyah Ayu Kusumasari meninggal dunia usai terinfeksi virus corona (Covid-19), Minggu (1/8). Perawat 25 tahun tersebut tengah hamil 7,5 bulan atau 31 minggu saat meninggal dunia.

Kepala Seksi (Kasi) Keperawatan RSBK, Suharmanto mengatakan Diyah sempat dirawat di RSBK karena Covid-19 pada 24 Juli lalu. Ia kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Moewardi (RSDM) karena kondisinya memburuk pada 26 Juli.

"Saat itu beliau membutuhkan ICU. Dan ICU di RSBK saat itu sudah penuh," katanya, Senin (2/8).


Belum diketahui di mana Dyah tertular virus corona. Suharmanto mengatakan Dyah memang sempat bertugas di ruang isolasi Covid-19. Tetapi itu sebelum Dyah mengandung. Saat hamil, Dyah bertugas di ruang rawat inap biasa.

"Bisa dari rumah, bisa juga dari rumah sakit. Bisa dari mana saja. Kenyataannya kita di rumah sakit dikelilingi banyak penyakit termasuk Covid-19," katanya.

Pihak RSBK sendiri sudah menerapkan Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI) di lingkungan rumah sakit untuk melindungi tenaga kesehatan dan karyawan dari Covid-19. Jalur akses pelayanan Covid-19 dan umum juga dipisahkan secara jelas.

Tak hanya itu, pasien harus melalui screening Covid-19 ketat sebelum mendapat perawatan di ruang rawat inap.

"Tapi kenyataannya kan juga ada beberapa yang kecolongan juga," katanya.

Kematian tenaga kesehatan kali ini merupakan kejadian pertama yang dialami rumah sakit milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo itu. Suharmanto berharap Diyah menjadi tenaga kesehatan terakhir yang gugur karena Covid-19.

"Semoga tidak ada lagi baik di RSBK ataupun di seluruh rumah sakit. Jangan sampai ada yang meninggal karena Covid lagi," katanya.

(syd/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK