Menahan Tangis di Depan Kader, Megawati Akui Sehat Walafiat

CNN Indonesia | Jumat, 10/09/2021 16:37 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri curhat soal hoaks sakit yang menerpa dirinya sambil menahan tangis sedih di acara partai. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tampil di hadapan publik saat diterpa dugaan hoaks sakit, Jumat (10/9) (Foto: Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri membantah isu sakit dengan tampil di acara partai sambil menahan tangis kala berterima kasih kepada para kader.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Presiden kelima RI itu sedang sakit dan terbaring di rumah sakit.

"Alhamdulillah saya dalam keadaan sehat walafiat. Tak kurang suatu apa pun," kata dia, yang saat itu ditemani oleh dua Ketua DPP PDIP, Olly Dondokambey dan Eriko Sotarduga, di kediamannya, Jakarta, saat memberi sambutan dalam acara Pembukaan training of trainer (ToT) Kader Madya PDI-Perjuangan yang digelar secara daring, Jumat (10/9).


"Terima kasih... atas perhatiannya... dan doanya...," ucap Mega dengan nada lirih, sembari menahan tangis di tiap jeda dua kata. Hal itu kemudian direspons dengan tepuk tangan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan para kader yang hadir di tempat terpisah. 

"Ya bagaimana, ya? Saya sendiri sampai berpikir kok ada saja ya orang..," lanjutnya.

Akibat isu tersebut, Mega mengaku sejumlah orang dekatnya hampir meyakini isu itu. Misalnya, salah satu bekas menteri di masa pemerintahannya.

"Tadi pagi saja sampai ada gambar, ada dari salah seorang tadinya menteri saya, sampai menanyakan sama sekretaris saya sampai katakan 'Jangan ditutup-tutupin, ini saya dapat dari teman saya'. Seperti seseorang berbaring di RS," kata Megawati.

"Saya bilang ke sekretaris saya. Kamu ndak usah ngamuk-ngamuk lah, biarkan saja lah. orang, sampai saya bilang. Kita ini ada yang punya, serahkan saja sama Yang Punya," tambah dia.

Infografis Deret Gelar Kehormatan untuk Megawati SoekarnoputriInfografis Deret Gelar Kehormatan untuk Megawati Soekarnoputri. (Foto: CNNIndonesia/Basith Subastian)

Baginya, isu tersebut berlebihan dan mengindikasikan pembuatnya lupa kepada Tuhan.

"Kalau mereka sendiri mungkin lupa sampai membuat sebuah hoaks yang sangat mengarah kepada, kalau menurut saya, sesuatu yang berlebihan, yang sepertinya kehidupan seorang manusia itu sudah sampai melupakan ada Yang Punya," urai Mega.

Selain dari sang mantan menteri, Mega juga mengaku Hasto sampai menangis saat mengonfirmasi isu itu kepadanya. 

"Hasto pun waktu sudah beredar [isunya] datang ke saya sampai nangis-nangis. Saya bilang kenapa mesti nangis? Orang itu tahu kalau [isu] itu ndak benar. Kamu toh ketemu saya sendiri," ucapnya, kepada Hasto.

"'Saya jengkel banget, Bu'. Jangan jengkel, ini menunjukkan bahwa orang ada yang suka, ada yang tidak suka kepada kita," lanjutnya, menirukan percakapan dengan Sekjen PDIP itu.

Mega pun meminta para kader tetap menjaga soliditas agar tak bisa diruntuhkan oleh isu-isu semacam itu. 

"Seluruh kader, petugas partai, simpatisan, tetap harus teguh, harus solid. Itu tidak ada sebuah hal yang dapat menggempur hal seperti itu karena soliditas, teguh, sabar, tegar, adanya di sini," tuturnya, sambil menaruh tangannya di hadapan dada.

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, isu Megawati sakit itu beredar sejak Rabu (8/9) di media sosial, terutama di Twitter. PDIP pun langsung membantah kabar tersebut dan menyatakan Megawati dalam kondisi sehat.

(rzr/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK