Nakes Korban Penyerangan KKB Papua Ditemukan di Jurang

CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 08:12 WIB
Dua nakes sempat hilang saat penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Mereka ditemukan di jurang pada Rabu (15/9). Satu hidup, satu meninggal. Sungai Ajkwa dialiri pasir sisa tambang (tailing) dari perusahaan Tambang Freeport Indonesia di Timika, Papua, Sabtu (14/2). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua tenaga kesehatan (nakes) sempat hilang saat penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Mereka akhirnya ditemukan di jurang pada Rabu (15/9).

Diketahui, aksi penyerangan oleh KKB itu terjadi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Senin (13/9) lalu.

Penemuan kedua nakes ini bermula saat tim gabungan TNI-Polri mendapat informasi bahwa warga menemukan dua nakes di dasar jurang.


"Pukul 16.30 WIT, personel gabungan tiba di lokasi terlemparnya kedua korban, dan di temukan korban Kristina Sampe dalam keadaan hidup, sementara untuk korban Gabriela Meilan dalam keadaan meninggal dunia," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mushtofa Kamal dalam keterangannya, Kamis (16/9).

Nakes atas nama Kristina, kata Kamal, telah dievakuasi dan kini berada di Pos Pamtas 403/WP untuk mendapatkan perawatan medis.

Sedangkan jenazah nakes Gabriela Meilan hingga malam tadi belum berhasil dievakuasi lantaran cuaca buruk di lokasi.

"Dan medan yang sangat terjal sehingga tim menunda evakuasi pengangkatan jenazah," ucap Kamal.

Kamal menyampaikan rencananya proses evakuasi terhadap jenazah nakes Gabriel akan kembali dilanjutkan hari ini.

"Direncanakan pada hari ini akan dilakukan evakuasi pengangkatan jenazah," ujarnya.

KKB melakukan pembakaran terhadap sejumlah fasilitas kesehatan, gedung sekolah, hingga bank saat penyerangan di Kiworok. Hal itu diduga sebagai bentuk perlawanan atas penangkapan rekan mereka.

Dalam peristiwa itu, beberapa fasilitas publik yang dibakar antara lain kantor Distrik, Kantor Kas Bank Papua Kiwirok, Puskesmas Kiwirok, Rumah Dokter, Barak Nakes, SD Inpres, Rumah Guru dan Pasar.

Selain itu, juga sempat terjadi kontak tembak antara KBB dengan aparat TNI-Polri yang berjaga. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria menyebut satu anggota mengalami luka ringan karena terkena peluru selama kontak senjata.

(dis/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK