PKB-PDIP Turun Tangan Atasi Konflik Bupati-Wabup Bojonegoro

CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 23:45 WIB
Pengurus PKB dan PDIP Jatim akan mengatasi perseteruan antara Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dan Wabup Budi Imawanto yang mencuat ke permukaan. PKB dan PDIP Jatim akan mengatasi perseteruan antara Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dan Wabup Budi Imawanto yang mencuat ke permukaan. Ilustrasi (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Surabaya, CNN Indonesia --

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur (Jatim) akan menindaklanjuti perseteruan antara Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dengan wakilnya Budi Imawanto atau Wawan.

Seperti diketahui Anna merupakan kader PKB, sementara Wawan berasal dari PDI-Perjuangan (PDIP). Keduanya diusung koalisi partai tersebut saat Pilkada 2018 lalu.

"Kami meminta pengurus turun, harapannya mengetahui sekonkret-konkretnya duduk persoalannya. Sehingga solusi yang diambil akan lebih tepat," kata Sekretaris PKB Jatim Anik Maslachah, saat dikonfirmasi Jumat (24/9).


Meski begitu, Anik yakin perseteruan yang saat ini sedang membelit Anna dan Wawan adalah persoalan kebuntuan komunikasi semata. Menurutnya, hal tersebut wajar dan kerap terjadi di manapun, baik di pemerintahan tingkat kabupaten/kota, provinsi, sampai di tingkat pusat.

"Persoalan begitu, bukan satu dua terjadi, dan tidak hanya di Bojonegoro, tapi di kabupaten/kota tapi juga di provinsi bisa juga di pusat," ujarnya.

Anik tak ingin perseteruan tersebut menimbulkan gejolak yang besar, bahkan mengganggu kinerja pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat Bojonegoro.

Ia pun berharap masalah ini bisa selesai secara kekeluargaan dan tak sampai berlanjut ke ranah hukum. Semua pihak, kata Anik, harus menunjukkan kedewasaan berpolitik.

"Kami harap sih tidak sampai seperti itu (ranah hukum), makanya butuh kedewasaan berpolitik," katanya.

PDIP Tegur Wabup Bojonegoro

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDIP Jatim, Kusnadi mengaku telah mengetahui keretakan Anna dan Wawan sejak lama. Menurutnya, hubungan tak harmonis ini berlangsung selepas mereka dilantik.

"Perseteruan itu sudah terjadi sejak awal, saat mereka selesai dilantik sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah," kata Kusnadi.

Saat itu, menurut Kusnadi, Wawan kerap mengeluh tak dilibatkan dalam pemerintahan di Kabupaten Bojonegoro. Wawan juga mengaku peran dan kebijakannya terbatas.

Bagi Kusnadi, sikap Wawan tersebut justru tak tepat. Ia menilai Wawan tak paham soal posisi dan peran seorang wakil bupati.

"Menurut saya itu ketidakmampuan wakil kepala daerah (Wawan) menempatkan dirinya. Namanya wakil itu segala sesuatunya menjadi terbatas, kewenangannya," ujarnya.

Kusnadi mengaku sudah berulang kali mengingatkan Wawan, bahwa sikapnya kepada Anna itu tak benar. Menurutnya, Wawan juga tak memiliki hubungan yang baik dengan partainya PDIP. Tak jarang Wawan mangkir bila ada kegiatan PDIP di Bojonegoro.

"Pribadi wakil bupati ini komunikasinya dengan partai jelek, dengan cabang di sana jelek," ujarnya.

Kusnadi memastikan PDIP Jatim segera memanggil Wawan untuk menyelesaikan masalah dengan Anna. Ia berjanji bakal menertibkan kadernya tersebut.

"Kami akan menertibkan kader kami sebagai wakil bupati di Bojonegoro, untuk menempatkan diri lah," katanya.



Sebelumnya, Wakil Bupati Bojonegoro Budi Imawanto atau Wawan melaporkan Bupati Anna Mu'awanah ke polisi dengan tuduhan dugaan pencemaran nama baik. Wawan merasa tersinggung atas pernyataan Anna di sebuah grup WhatsApp.

Selain itu, Wawan mengungkapkan bahwa relasinya dengan Anna sebagai pasangan bupati-wakil bupati juga sudah retak lama, sejak awal tahun 2019.

CNNIndonesia.com telah berupaya mengonfirmasi hal ini ke Bupati Bojonegoro Anna, melalui sambungan telepon dan pesan. Namun yang bersangkutan belum memberikan respons.

(frd/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK