Luhut soal 10 Ribu Orang di Pangandaran: Sudah Lelah di Rumah

CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 20:02 WIB
Menko Marves Luhut Pandjaitan meminta pemerintah daerah setempat dan jajaran terkait tak membiarkan masyarakat memenuhi tempat wisata selama PPKM. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut terdapat 10 ribu orang yang memadati kawasan Pangandaran, Jawa Barat. Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan terdapat 10 ribu orang yang memadati kawasan wisata Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (26/9) kemarin.

"Kemarin saya dapat laporan dandim di Pangandaran 10 ribu orang datang tumplek Minggu kemarin di Pangandaran," kata Luhut dalam konferensi persnya, Senin (27/9).

Luhut mengakui terjadi peningkatan mobilitas warga untuk berwisata belakangan ini. Ia menduga masyarakat berbondong-bondong ke tempat wisata disebabkan oleh rasa lelah setelah sekian lama berdiam diri di rumah.


"Walaupun sudah diatur. Tapi mungkin orang sudah sangat lelah tinggal di rumah itu," ujarnya.

Luhut mengatakan kerumunan orang yang hendak berwisata itu tak bisa dihindari meski pemerintah telah menerapkan pelbagai aturan. Mulai dari kebijakan ganjil-genap hingga penerapan protokol kesehatan.

"Ini tinggal pengaturannya sama-sama kita perhatikan, karena berbahaya kalau tidak ditangani dengan baik," katanya.

Meski demikian, Luhut menegaskan kerumunan di tempat wisata tidak bisa dibiarkan dan disepelekan begitu saja. Sebab, tempat tersebut dapat berpotensi membuat lonjakan kasus baru virus corona di Indonesia.

Ia meminta agar pemerintah daerah setempat beserta jajaran terkait lainnya mencegah lonjakan di tempat wisata.

"Tetap saja angka itu cukup naik. Ini menjadi perhatian kita semua," katanya.

Secara kumulatif, per Senin (27/9) jumlah kasus positif Covid di Indonesia sudah mencapai 4.209.403 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.027.548 orang di antaranya sembuh, dan 141.585 orang lainnya meninggal dunia.



(rzr/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK