10 Bus Pariwisata Dihalau Masuk DIY, Penumpang Belum Divaksin

CNN Indonesia
Senin, 27 Sep 2021 21:01 WIB
Kadishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan 10 kendaraan tersebut diminta putar balik usai diperiksa di halaman parkir Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Sebanyak 10 bus pariwisata dilarang masuk kawasan DIY lantaran ada penumpang yang belum divaksinasi Covid-19. Ilustrasi (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 10 bus pariwisata dari luar daerah dihalau masuk ke wilayah Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta pada akhir pekan lalu, 25-26 September 2021 kemarin lantaran terdapat penumpang yang belum divaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan 10 kendaraan tersebut diminta putar balik usai diperiksa di halaman parkir Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Bus diminta putar balik karena ada penumpang yang belum memiliki kartu atau sertifikat vaksin Covid-19. Kendaraan yang lolos pemeriksaan sementara akan diberi stiker penanda.


"Sepuluh bus tidak dapat stiker dan kami suruh balik," kata Made saat dihubungi, Senin (27/9).

Made melanjutkan walaupun jumlah penumpang yang tak memiliki sertifikat vaksin atau belum tervaksinasi Covid-19 itu tak sampai 5 persen, bus tetap tak diizinkan melintas.

Selain itu, kapasitas penumpang bus juga tak boleh melebihi 70 persen dari total daya tampung kendaraan.

"Ini masih uji coba, tapi paling tidak bisa memberikan rasa tenang bagi orang atau destinasi wisata yang hendak didatangi bus tersebut," ujarnya.

Ia menerangkan pemeriksaan bus pariwisata yang diselenggarakan dinas perhubungan ini dibagi ke dalam dua sif. Pertama, pukul 09.00-12.00 WIB dan kedua, 13.00-16.00 WIB.

Sepanjang waktu itu, kata Made, tercatat total 66 bus yang diperiksa pada hari Sabtu dan 8 di antaranya dinyatakan tak lolos. Sedangkan pada Minggu terhitung ada 2 bus diputar balik dari total 27 kendaraan yang diperiksa.

"Bus pariwisata kemarin yang datang sebagian besar dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," katanya.

Made berujar Bandara Adisutjipto dipilih untuk tahap uji coba pemeriksaan bus mengingat tingginya intensitas kendaraan yang masuk ke wilayah DIY dari titik simpul perbatasan di wilayah timur. Hasil simulasi ini nantinya jadi bahan evaluasi untuk menggelar operasi serupa di 7 titik tambahan.

Ketujuh titik tersebut, meliputi Terminal Giwangan di Kota Yogyakarta; Terminal Jombor di Kabupaten Sleman; Palbapang dan Imogiri di Bantul; Terminal Dhaksinarga dan Terminal Semin di Gunung Kidul; dan Terminal tipe C di Kulon Progo.

Dishub di satu sisi menargetkan seluruh wisatawan luar daerah pada pengujung 2021 mendatang sudah paham bahwa mereka harus dalam kondisi sehat dan memiliki kartu vaksin sebelum masuk ke DIY. Sosialisasi dan edukasi ketentuan itu digencarkan selama periode uji coba.

"Kalau ke Yogyakarta (DIY) harus sehat dan sudah divaksin," ujarnya.

Sejumlah tempat wisata mulai dipadati masyarakat pada akhir pekan lalu atau saat pelaksanaan PPKM berbasis level. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan terdapat 10 orang yang mendatangi kawasan wisata Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (16/9).

Luhut menyebut kemungkinan masyarakat sudah lelah tinggal di rumah sehingga mulai memadati tempat wisata. Ia pun meminta pemerintah daerah dan jajaran terkait membatasi jumlah pengunjung agar tak terjadi kerumunan yang berpotensi menularkan virus corona (Covid-19).

(kum/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER