Elektabilitas Prabowo Kurun 6 Bulan: Konsisten Capres Terkuat

CNN Indonesia
Senin, 11 Oct 2021 09:10 WIB
Ketum Gerindra Prabowo Subianto mendominasi hasil sejumlah lembaga survei terkait Capres 2024. Prabowo bersaing ketat dengan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Ketua Umum Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendominasi hasil survei Capres 2024. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Ketua Umum Prabowo Subianto kemungkinan besar bakal maju dalam Pilpres 2024.

Muzani mengklaim banyak desakan dari masyarakat agar Prabowo kembali maju dalam kontestasi politik elektoral lima tahunan tersebut.

"Saya katakan, 2024 Pak Prabowo Insya Allah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua, besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud," kata Muzani, Minggu (10/10).


Gerindra percaya diri dengan sosok Prabowo berkaca dari hasil sejumlah survei. Dalam kurun waktu enam bulan, Prabowo kerap berada di posisi teratas atau paling tidak masuk dalam tiga besar.

Namun, elektabilitas Prabowo tak terpaut jauh dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Berdasarkan sejumlah survei, ketiga nama tersebut bersaing dalam merebutkan posisi teratas tingkat elektabilitas.

CNNIndonesia.com merangkum sejumlah hasil survei terkait tingkat elektabilitas Prabowo dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Berikut daftarnya.

1. Survei SMRC 28 Februari-8 Maret 2021

Survei SMRC ini berlangsung 28 Februari hingga 8 Maret 2021 dengan 1.064 responden yang dipilih secara acak dan diwawancara secara tatap muka. Margin of error penelitian kurang lebih 3,07 persen.

Dalam format pertanyaan semi terbuka, Prabowo mendapat dukungan terbanyak 20 persen, kemudian disusul Anies dengan 11,2 persen dan Ganjar 8,8 persen.

2. Survei Puspoll Indonesia

Surevi Puspoll Indonesia pada April 2021 juga menunjukkan bahwa tingkat elektabilitas Prabowo masih tertinggi. Dari hasil sigi tersebut, tingkat elektabilitas Prabowo mencapai 20,9 persen. Kemudian disusul Anies dengan 15,4 persen, dan Ganjar 13,8 persen.

Survei Puspoll melibatkan 1.600 responden dengan margin of error kurang lebih 2,45 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

3. Survei LSI Denny JA

Dari hasil survei LSI Denny JA yang dirilis bulan Juni, Prabowo juga masih menempati posisi teratas tokoh dengan tingkat elektabilitas tertinggi.

Berdasarkan hasil survei, Prabowo menempati urutan pertama capres dengan tingkat elektabilitas 23,5 persen. Disusul oleh Ganjar di posisi kedua dengan tingkat elektabilitas 15,5 persen, dan Anies 13,8 persen.

Survei LSI dilakukan pada 27 Mei hingga 4 Juni 2021 kepada 1.200 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Hasil survei Prabowo berlanjut ke halaman berikutnya...

Prabowo Unggul dalam Sejumlah Survei

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER