Menkes Beberkan Daftar Obat Covid yang Dijajaki Pemerintah

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 20:21 WIB
Selain molnupiravir, ada beberapa obat Covid-19 lain yang pengembangannya tengah dipantau pemerintah. Menkes Budi Gunadi Sadikin membeberkan daftar obat Covid-19 yang pengembangannya tengah dipantau pemerintah (Muchlis - Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan sejumlah obat virus corona (Covid-19) yang tengah dijajaki pemerintah. Pemerintah tengah memantau perkembangan penelitian obat-obat tersebut.

"Untuk obat-obatan yang memang promising kami akan menawarkan agar uji klinik tahap III dilakukan di Indonesia," kata Budi dalam konferensi pers, Senin (18/10).

Beberapa obat yang tengah dijajaki pemerintah antara lain Molnupiravir buatan produsen Merck. Kemudian obat kategori monoklonal antibodi seperti Bamlanivimab dan Etesevimab.


Budi juga mengaku tengah mempelajari obat antivirus AT-527 yang dikembangkan oleh Roche dan Atea Pharmaceuticals, serta obat Proxalutamide yang diproduksi oleh Kintor Pharmaceutical dari China.

Budi optimis pandemi Covid-19 di Indonesia semakin bisa dikendalikan jika sudah ada obat yang bisa dikonsumsi oleh pasien.

"Kalau kita sudah melengkapi vaksin dengan obat-obatan, diharapkan transisi dari pandemi menjadi endemi akan bisa lebih cepat kita lakukan," ujarnya.

Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan juga optimis pandemi Covid-19 semakin bisa dikendalikan jika telah ada obat.

Bahkan dia menyebut pandemi bisa jadi pandemi pada Januari 2022.

"Presiden ingatkan gelombang 3 akibat libur Natal dan Tahun baru. Kami akan melakukan beberapa kali rapat. Terutama mendorong penggunaan PeduliLindungi dan vaksinasi," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (18/10).

"Kalau ini terjadi kita akan bisa bagus. Bila kita bisa melampaui Natal dan Tahun Baru ini dengan baik pada Januari, saya pikir sudah masuk pada endemi," sambungnya.

(khr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER