Hari Santri, Afi Gantikan Yaqut Jadi Menteri Agama Sehari

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 18:21 WIB
Jabatan Menag diberikan Yaqut Cholil Qoumas kepada seorang santri untuk menjalani tugas selama satu hari dalam rangka peringatan Hari Santri 2021 Jabatan Menag diberikan Yaqut Cholil Qoumas kepada seorang santri untuk menjalani tugas selama satu hari dalam rangka peringatan Hari Santri 2021 (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Afi Ahmad Ridho, santri Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur ditetapkan sebagai menjadi Menteri Agama menggantikan Yaqut Cholil Qoumas pada Kamis (21/10).

Afi akan mengemban tugas Yaqut pada hari ini. Itu dilakukan sebagai bagian acara peringatan Hari Santri 2021.

"Saya meminta seluruh jajaran pejabat eselon I dan ASN Kementerian Agama dapat membantu Afi yang akan menggantikan saya hari ini," kata Yaqut dalam keterangan resminya, Kamis (21/10).


Afi merupakan pemenang program Sayembara Santri Sehari Menjadi Menteri yang digelar Kemenag dalam rangkaian Peringatan Hari Santri 2021.

Yaqut mengatakan meminta agar Afi mengemban tugas dengan baik. Ia berharap Afi bisa memanfaatkan kesempatan kali ini untuk memberikan kontribusi untuk umat.

"Laksanakan, dan amankan!" kata Yaqut.

"Dengan kegiatan ini kita berharap santri ini bangkit semangatnya, bangkit kepercayaan dirinya. Pesan yang ingin kita sampaikan adalah bahwa santri itu bisa menjadi apa saja," tambahnya.

Mendapat kesempatan itu, Afi merasa bangga menjadi Menag sehari. Menurutnya, ini menjadi kesempatan belajar sekaligus ajang pembuktian bahwa para santri memiliki kemampuan yang luar biasa.

"Saya mewakili semua santri nusantara ingin menunjukkan kalau santri itu bisa. Dan kita itu punya potensi untuk memimpin bangsa. Beberapa orang memang memiliki paradigma meminggirkan pesantren," tutur remaja kelahiran Lumajang, Jawa Timur ini.

Afi juga mengajak para santri untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan negeri. Menurutnya, santri akan percuma bila sekadar bisa mengaji, namun tidak bisa berbakti pada negeri.

"Jadinya useless. Kita harus bisa memainkan peran dakwah di berbagai lini. Bukan sekedar dakwah memberikan ceramah atau tausiyah, tapi juga menjadi teladan di berbagai bidang," kata dia.

Setelah mendapat pelimpahan wewenang, Afi dijadwalkan akan memimpin Rapat Pimpinan Kemenag dan beraudiensi dengan tamu Menteri Agama.

Afi Ahmad merupakan Siswa kelas 12 Madrasah Aliyah Nurul Jadid ini berkesempatan menjadi Menag usai menyisihkan 140 peserta lainnya dalam Sayembara 'Santri Sehari Menjadi Menteri'.

Selama menjalankan tugas Sehari Menjadi Menteri, Afi juga didampingi oleh Ghufron Ihsan santri pondok pesantren Al Muhajirin III, Purwakarta dan Nur Winda santri pondok pesantren DDI Salman Allakuang Sidrap. Keduanya merupakan pemenang ke-2 dan ke-3 Sayembara Santri Sehari Menjadi Menteri.

(rzr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER