Ketum MUI: Dugaan Terorisme Ahmad Zain Urusan Pribadi

CNN Indonesia
Rabu, 17 Nov 2021 12:10 WIB
Ketum MUI Miftachul Akhyar menyerahkan sepenuhnya proses hukum Ahmad Zain An-Najah terkait dugaan terorisme kepada aparat penegak hukum. Ketum MUI Miftachul Akhyar mengatakan dugaan keterlibatan Ahmad Zain An-Najah dalam jaringan terorisme merupakan urusan pribadinya dan tak ada sangkut paut dengan lembaga. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan dugaan keterlibatan Ahmad Zain An-Najah dalam jaringan terorisme merupakan urusan pribadinya dan tak ada sangkut paut dengan lembaga.

Hal itu tertuang dalam dokumen Bayan MUI tentang Penangkapan Terduga Terorisme yang ditandatangani oleh Ketum MUI Miftachul Akhyar dan Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Selasa (17/11).

"Dugaan keterlibatan yang bersangkutan dalam gerakan jaringan terorisme merupakan urusan pribadinya dan tidak ada sangkut pautnya dengan MUI," kata Miftachul dalam dokumen tersebut.


MUI sudah mengakui Zain merupakan salah satunya anggota Komisi Fatwa MUI. Komisi Fatwa MUI merupakan perangkat organisasi di MUI yang fungsinya membantu Dewan Pimpinan MUI.

Miftachul menyerahkan sepenuhnya proses hukum Zain kepada aparat penegak hukum. Ia juga meminta agar aparat bekerja secara profesional dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah.

"Dan dipenuhi hak-hak yang bersangkutan untuk mendapatkan perlakuan hukum yang baik dan adil," ujarnya.

Lebih lanjut, Miftachul menegaskan MUI berkomitmen mendukung penegakan hukum terhadap ancaman tindak kekerasan terorisme. Terlebih lagi, MUI sudah mengeluarkan fatwa Nomor 3 Tahun 2004 tentang Terorisme.

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu pun menghimbau masyarakat menahan diri dan tidak terprovokasi dengan kelompok-kelompok tertentu yang memanfaatkan situasi ini.

"MUI menonaktifkan yang bersangkutan sebagai pengurus di MUI sampai ada kejelasan berupa keputusan yang berkekuatan hukum tetap," kata Miftachul.

Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap tiga orang terduga teroris yakni Fariq Okbah, Ahmad Zain An-Najah dan Anung Al Hamad. Mereka ditangkap di kawasan Bekasi pada Selasa (16/11). Mereka bertiga diduga memiliki afiliasi dengan Jamaah Islamiyah (JI).



(rzr/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER