Walhi Kecewa Jokowi Belum Berencana Kunjungi Banjir Sintang

CNN Indonesia
Sabtu, 20 Nov 2021 06:05 WIB
Walhi Kalbar kecewa Jokowi belum berencana mengunjungi wilayah banjir Sintang, padahal undangan itu permintaan masyarakat. Sejumlah warga menggunakan perahu saat melintasi banjir di kawasan perdagangan di Lintas Melawi, Sintang, Kalimantan Barat, Minggu (14/11/2021). (ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Eksekutif Daerah Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalimantan Barat, Nicodemus Ale, mengungkapkan kekecewaannya terhadap respons pihak Istana yang mengungkapkan Jokowi tidak ada agenda untuk mengunjungi daerah banjir Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Padahal, menurut Nico, undangan tersebut tidak hanya datang dari Walhi, namun juga merupakan suara masyarakat yang meminta perhatian pemerintah atas kondisi lingkungan saat ini.

"Ini tidak hanya Walhi Kalbar yang meminta untuk presiden datang, ini adalah suara dari masyarakat, suara dari lingkungan, untuk meminta perhatian pemerintah saat ini dengan kondisi lingkungan yang ada," ujar Nico pada CNNIndonesia.com, Jumat (18/11).


Ia juga merasa kecewa karena Jokowi yang sudah mengetahui penyebab banjir dan telah memaparkannya di publik, tidak melakukan tindak lanjut apapun.

"Kita sangat kecewa sekali, karena memang permintaan kita untuk presiden menindaklanjuti statement terkait hal-hal yang sudah beliau ketahui, tapi [justru] tidak teragendakan, kita sangat menyayangkan itu," ucapnya.

Nico mengatakan bahwa banjir yang merendam Sintang selama empat pekan sudah tergolong sebagai bencana ekologis.

Sehingga, percuma jika Jokowi hanya memiliki pengetahuan mengenai kerusakan alam dan segala situasinya namun tidak melakukan tindakan. Terutama, terkait bencana ekologis di Sintang.

"Kemarin kita mengundang presiden untuk datang dengan harapan presiden bisa memberikan tindakan konkret. Kita meminta jawaban dan aksi dari hal-hal yang sudah diketahui negara, langsung oleh RI1. Maksud kita oke [kalau sudah tahu], ya datang dan lakukan segera perubahan terkait situasi yang ada," papar Nico.

Sebelumnya, Nico mengundang Presiden Jokowi ke Kabupaten Sintang untuk meninjau langsung banjir. Namun, Sekretariat Presiden (Setpres) menyampaikan Presiden Jokowi belum berencana berkunjung ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, dalam waktu dekat.

"Tidak (ada rencana berkunjung ke Kabupaten Sintang)," kataHeru dalam pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/11).

Infografis - Dampak Banjir 3 Pekan di SintangInfografis - Dampak Banjir 3 Pekan di Sintang. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
(cfd/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER