Jokowi: Kekayaan RI Harus Kita Jaga dan Lindungi, Tidak Dieksploitasi

CNN Indonesia
Senin, 22 Nov 2021 12:19 WIB
Berbicara dalam dalam Konferensi Nasional Geopark Indonesia, Presiden Jokowi mengingatkan agar kekayaan yang dimiliki Indonesia harus dijaga dan dilindungi. Presiden Joko Widodo meninjau lokasi kebakaran lahan di Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalsel. (ANTARA FOTO/Setpres/Cahyo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo meminta seluruh keragaman dan kekayaan yang dimiliki Indonesia tidak dieksploitasi berlebihan. Ia meminta keberlangsungan lingkungan diperhatikan.

Jokowi berharap lingkungan hidup terjaga dengan lestari. Dengan begitu, ekosistem yang ada bisa menjadi kebanggaan bangsa dan negara Indonesia.

"Semua keragaman dan kekayaan yang kita miliki harus kita jaga dan lindungi, tidak dirusak dan dieksploitasi secara berlebihan, bertanggung jawab terhadap keberlangsungan lingkungan dan ekosistem," kata Jokowi dalam Konferensi Nasional Geopark Indonesia yang digelar secara virtual, Senin (22/11).


Pada kesempatan itu, Jokowi juga berpesan agar seluruh pihak melestarikan taman bumi atau geopark. Ia ingin kekayaan alam Indonesia itu bisa diwariskan kepada generasi yang akan datang.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berpesan agar taman bumi dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jokowi berkata geopark bukan hanya kawasan konservasi, tapi juga sarana edukasi dan pengembangan ekonomi masyarakat.

"Sehingga menjadi keseimbangan antara konservasi lingkungan dengan pemanfaatannya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat," ujar Jokowi.

Jokowi berkata tata kelola yang baik menjadi kunci pengembangan geopark. Ia berharap taman bumi di Indonesia bisa terus dikembangkan dengan peran serta semua pihak.

"Saya berharap semua elemen bangsa bergerak menjadi bagian dari gerakan konservasi geopark, sekaligus melakukan upaya untuk memperkuat masyarakat sekitarnya untuk mengambil bagian dalam pelestarian lingkungan dan mengembangkan potensi pariwisata," ucapnya.

(dhf/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER