Merasa Selalu Disalahkan, DPRD DKI Singgung Tunjangan Gubernur

CNN Indonesia
Rabu, 12 Jan 2022 05:40 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mempertanyakan tunjangan Gubernur DKI Jakarta, usai mencuatnya informasi kenaikan tunjangan DPRD DKI. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mempertanyakan tunjangan Gubernur DKI Jakarta, usai mencuatnya informasi kenaikan tunjangan DPRD DKI. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi atau Pras mempertanyakan besaran tunjangan operasional Gubernur DKI Jakarta. Hal itu disinggung usai mencuatnya informasi kenaikan anggaran gaji dan tunjangan DPRD DKI Jakarta dalam Raperda APBD 2022.

"Saya mau tanya dalam forum yang baik ini, tunjangan operasional gubernur berapa sih pak? Kayaknya yang salah anggota dewan," kata Pras dalam Rapat Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta, Selasa (11/1).

Pras meminta Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali menjawab pertanyaan itu. Ia juga menjelaskan kenaikan anggaran tunjangan dan gaji DPRD akan digunakan untuk kepentingan masyarakat.


"Dalam forum ini tolong Pak Sekda melalui BPKD jelaskan berapa sih operasional gubernur, biar masyarakat juga tahu, Gubernur dan Wakil Gubernur, serta perangkatnya semua," kata Pras.

"Selalu yang disalahkan DPRD lagi. Jadi dalam forum ini saya mau dengarkan itu aja pak," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Marullah menyatakan butuh waktu untuk mencari data besaran tunjangan operasional gubernur. Sehingga, ia tidak langsung menjawab pertanyaan Pras.

"Memang saya jawab harus dengan data-data yang lengkap. Kami akan siapkan nanti, jadi mungkin tidak bisa langsung sekarang ini," ucap Marullah.

"Saya akan sampaikan data-datanya untuk disampaikan pada rapat banggar. Nanti akan segera disiapkan oleh jajaran saya," tuturnya.

Pembahasan itu terjadi dalam forum setelah belanja gaji dan tunjangan anggota DPRD DKI Jakarta pada 2022 mengalami kenaikan Rp26,42 miliar jika dibandingkan dengan anggaran tahun 2021.

Pada 2022, belanja gaji dan tunjangan anggota DPRD tercatat sebesar Rp177,37 miliar. Sementara pada 2021, tercatat sebesar Rp150,94 miliar.

(yog/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER