Usai Kazakhstan, Pansus RUU IKN Kunjungi BSD dan Alam Sutra Besok

CNN Indonesia
Sabtu, 15 Jan 2022 17:10 WIB
Pansus RUU IKN akan melakukan studi banding ke BSD City dan Alam Sutra, Minggu (16/1). Ilustrasi. DPR berencana kunker ke BSD dan Alam Sutra terkait IKN. (Foto: Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN) DPR akan melakukan studi banding ke perumahan BSD City, Tangerang Selatan; dan Alam Sutera, Tangerang, Minggu (16/1).

Anggota Pansus RUU IKN DPR Guspardi Gaus mengatakan pihaknya akan melakukan studi banding sejak pagi. Menurutnya, seluruh anggota pansus diminta ikut serta dalam kegiatan itu.

"Iya jadi, besok jam 10.00," kata Gaus saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (15/1).


Ia menjelaskan BSD dan Alam Sutera dipilih karena memiliki karakteristik yang mirip dengan ibu kota negara baru. Dia menyebut dua perumahan itu awalnya daerah pinggiran yang tidak terjamah.

Dia berkata Pansus IKN ingin mempelajari pembangunan kota dari BSD dan Alam Sutera. Ilmu yang didapat akan diterapkan untuk pembangunan ibu kota negara baru.

"Kita akan membuat, mewujudkan, obsesi seperti apa yang ada di BSD atau di Alam Sutera. Artinya, bukanlah sesuatu yang mustahil, sesuatu yang tidak kita wujudkan sebuah ibu kota negara baru ditempatkan di Kalimantan Timur," ujarnya.

Sebelumnya, Pansus IKN DPR melakukan sejumlah kegiatan dalam mempersiapkan pemindahan ibu kota negara. Mereka pernah berkunjung ke Kazakhstan beberapa pekan lalu.

Kunjungan itu dikritik sebagian pihak lantaran mengabaikan seruan Presiden Jokowi untuk tak keluar negeri saat varian Omicron merebak dan imbauan Ketua DPR Puan Maharani agar tak menggelar kunker ke negara lain.

Tim juga sempat mengunjungi lokasi ibu kota negara baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pansus itu pun menggelar sejumlah diskusi dengan pihak perguruan tinggi untuk menerima masukan.

(dhf/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER