Polisi Buat Aturan Gelar Balapan Jalanan di Jakarta Malam Hari

CNN Indonesia
Minggu, 16 Jan 2022 16:20 WIB
Polisi berencana untuk menutup sejumlah titik jalanan di Jakarta dan sekitarnya untuk mengadakan balapan jalanan di malam hari. Ilustrasi balap liar. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya berencana untuk menutup sejumlah titik jalanan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya untuk mengadakan balapan jalanan di malam hari sehingga tak menjadi liar.

Wacana tersebut dilakukan usai kepolisian mengadakan street race di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Minggu (16/1). Nantinya, kepolisian di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya akan diminta untuk mencari titik yang cocok untuk mengadakan balapan.

"Mudah-mudahan bisa setiap bulan sekali, dan tempat ini pun (Ancol) nanti kami bicara dengan komunitas agar bisa kita laksanakan seminggu sekali di malam hari. Terserah di malam apa, nanti jalannya kami tutup untuk balapan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komebs Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Minggu (16/1).


Sambodo menuturkan bahwa saat ini setiap titik lokasi di masing-masing wilayah tengah di survei oleh aparat setempat. Namun demikian, kata dia, perluasan lokasi balapan tak hanya di Ancol sudah dipastikan.

"Rencananya titik lain ada. Nanti kami survei lah, ada beberapa. Kan setiap Polres harus menyediakan satu, nanti kami survei," tambah dia.

Menurut Sambodo, dalam waktu dekat balapan tersebut akan kembali digelar di wilayah BSD, Tangerang. Namun demikian, lokasi pasti untuk gelaran tersebut masih belum diungkap ke publik.

Ia menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya masih melakukan pengecekan lintasan bersama dengan sejumlah komunitas lain.

"Apakah lokasi tersebut layak digunakan atau tidak. Kalau layak, why not bulan depan kami adakan lagi, bulan depan kami adakan lagi," ujar dia.

Dalam hal ini, Sambodo mengatakan bahwa terdapat 39 titik di wilayah Jakarta yang kerap dijadikan sebagai lokasi gelaran balap liar.

Menurutnya, kanalisasi kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk membuat balapan tersebut tak menjadi liar lagi. Selain itu, kata dia, para pembalap memiliki wadah resmi untuk dapat melakukan kegiatan tersebut.

"Korban kecelakaan balap liar itu cenderung tidak tercatat karena tidak dilaporkan. Mereka tabrakan, kecelakaan langsung dibawa. Sehingga mereka tidak melapor ke kita. Tapi dengan adanya street race ini, kecelakaan bisa enggak ada," tandasnya.

Sebagai informasi, tercatat ada sekitar 350 pembalap jalanan yang mengikuti kegiatan street race tersebut hari ini. Balapan diikuti beberapa kelas, yakni matic empat, sport dua tak, kelas sunmori, bebek dua tak, bebek empat tak, kelas FFA, sport 4 tak, dan kelas vespa.

Ajang balapan itu semula dicetuskan oleh Kapolda Metro Jaya yang mengaku ingin merangkul para pemuda yang kerap melakukan balap liar dengan membuat sebuah kegiatan balapan resmi.

Kaplda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menekankan bahwa gelaran street race tersebut harus menggantikan ajang balap liar yang marak terjadi. Lewat balapan itu, Fadil tak ingin lagi ada yang disebut ajang balapan liar di kawasan DKI Jakarta. Ia memastikan, kegiatan tersebut bakal diakomodir.

"Hari ini Polda Metro Jaya telah mewadahi, harapannya tidak ada lagi kata balap liar. Yang ada transformasi balap jalanan," ucap Fadil dalam sambutannya.

(mjo/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER