Muhadjir: 123 Ribu Kedatangan LN 1-15 Januari, 3.923 Positif Corona

CNN Indonesia
Senin, 17 Jan 2022 16:26 WIB
Menko PMK mengungkap ada sekitar 123 ribu kedatangan internasional melalui Bandara Soetta, di mana sebanyak 3,2 persen positif Covid-19. Ilustrasi. Sejumlah calon jamaah umrah berjalan sebelum menaiki pesawat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022). (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mencatat terdapat 123.313 kedatangan internasional melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, selama 1-15 Januari 2022.

Dari total perjalanan dari luar negeri itu, ditemukan 3.923 kasus positif virus corona (Covid-19) atau sebesar 3,2 persen.

"Dari 3.923 kasus positif dan 557 kasus omicron atau 14,5 persen. Semua kasus itu diisolasi sampai sembuh," kata Muhadjir dalam evaluasi Libur Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (17/1).


Muhadjir mengklaim pemerintah telah menyusun langkah antisipatif untuk menangani kasus omicron, bersumber dari perjalanan luar negeri atau transmisi lokal. Salah satunya dengan terus memantau protokol kesehatan, penerapan PeduliLindungi, percepatan vaksin dan booster.

"Satgas penanganan covid menerbitkan telah terbitkan regulasi soal mobilitas screening dan pengendalian covid selama dan setelah nataru," kata dia.

Di sisi lain, Muhadjir menilai pengendalian mobilitas masyarakat selama libur Nataru dapat dilakukan dengan baik. Hal itu tak lepas karena kontribusi dan kerjasama antara masyarakat, kementerian/lembaga, TNI, Polri dan Pemerintah Daerah.

"Tren kenaikan kasus pada Nataru bersifat fluktuatif. Tapi secara umum dapat dikendalikan baik," kata Muhadjir.

(rzr/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER