Menag: Candi Prambanan Sudah Bisa Dipakai Ibadah Massal Umat Hindu

CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 13:07 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan Candi Prambanan sudah bisa digunakan sebagai tempat ibadah massal bagi umat Hindu RI dan dunia. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan Candi Prambanan sudah bisa digunakan sebagai tempat ibadah massal bagi umat Hindu RI dan dunia. (Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menginformasikan Candi Prambanan di perbatasan Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta sudah bisa digunakan sebagai tempat ibadah massal bagi umat Hindu Indonesia dan dunia.

"Candi Prambanan sudah bisa digunakan sebagai tempat ibadah massal bagi umat Hindu Indonesia dan dunia," kata Yaqut dalam keterangan resminya yang dikutip Selasa (18/1).

Yaqut menyatakan kepastian itu dilaporkan oleh Tim Percepatan Candi Prambanan untuk Pusat Ibadah Umat Hindu Dunia. Ia pun memastikan Prambanan bisa dimanfaatkan pula untuk beribadah bagi umat Hindu pada peringatan hari-hari besar Hindu.

"Dan peringatan Nyepi pada Maret 2022 nanti umat Hindu sudah bisa menggunakan Candi Prambanan sebagai tempat beribadah secara massal," kata dia.

Lebih lanjut, Yaqut menilai Prambanan menjadi tempat ibadah massal bagi umat Hindu dunia menjadi prestasi tersendiri. Baginya, hal tersebut merupakan kewajiban Kemenag untuk melayani umat beragama.

Yaqut melihat umat Hindu telah memiliki pelbagai agenda di Candi Prambanan usai ditetapkan sebagai tempat ibadah. Karenanya, Ia berharap momentum ini bisa membuat umat Hindu lebih bahagia dalam beribadah.

"Candi Prambanan kini tidak lagi hanya sekadar tempat wisata, melainkan menjadi tempat ibadah umat Hindu Indonesia dan dunia," kata dia.

Sebelumnya, wacana menjadikan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu di seluruh dunia dicanangkan Kementerian Agama pada Agustus 2021 lalu.

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Prambanan termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadi salah satu candi terindah di dunia.

(rzr/DAL)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER