Covid-19 Varian Omicron Masuk NTB, Bali Diperketat

CNN Indonesia
Rabu, 26 Jan 2022 01:25 WIB
Pelabuhan Padangbai Bali diperketat usai dua kasus positif Covid-19 varian Omicron ditemukan di Nusa Tenggara Barat (NTB). Ilustrasi pelabuhan di Bali diperketat. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Bali, CNN Indonesia --

Dua kasus positif Covid-19 varian Omicron ditemukan di Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk mencegah penyebaran omicron meluas ke daerah lain, Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali diperketat.

"Terkait dengan masuknya varian omicron dilakukan antisipasi dengan melakukan pemeriksaan suket (surat keterangan) rapid dan vaksin Covid-19 bagi penumpang dan pengendara baik yang keluar Bali maupun yang masuk ke Bali," kata Kapolsek Padangbai, Kompol I Made Suadnyana, Selasa (25/1).

Sementara, data penumpang yang melewati Pelabuhan Padangbai Senin (24/1), tercatat 578 orang, 160 sepeda motor, 60 mobil pribadi, 111 truk dan lima unit bus sudah masuk ke Bali.


"Setiap penumpang dan pengendara wajib diperiksa sebagai suket rapid dan vaksinnya. Apabila, tidak dilengkapi rapid dan vaksin diarahkan untuk tes rapid di tempat-tempat rapid yang ada di pelabuhan," imbuhnya.

Kemudian, bila ada warga yang positif Covid-19 akan dicarikan tempat isolasi terpusat oleh Satgas Covid-19 Provinsi Bali.

"Apabila ada yang positif Covid-19 dari KKP mengarahkan penumpang untuk dilakukan isolasi di pelabuhan. Selanjutnya, KKP kordinasi dengan Satgas Covid-19 Provinsi untuk menentukan tempat isolasi terpusatnya," ujarnya.

"Untuk mencegah penyebaran varian baru omicron, di Pelabuhan Padangbai disiapkan enam barcode PeduliLindungi, dan delapan tempat cuci tangan," ujarnya.

Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melaporkan dua kasus positif Covid-19 varian omicron dan satu pasien meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Lalu Hamzi Fikri menyampaikan, dua varian omicron itu adalah hasil laporan yang diterima per 20 Januari 2022. Satu warga dari Kabupaten Sumbawa dan satu dari Kota Mataram. Keduanya merupakan pasien lanjut usia yang memiliki komorbid.

"Pasien di Kota Mataram terkonfirmasi meninggal. Pasien ini komorbid dan belum divaksin. Keduanya terindikasi tertular transmisi lokal," katanya, Senin (24/1).

Infografis - Gejala Covid-19 Varian OmicronInfografis - Gejala Covid-19 Varian Omicron. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
(kdf/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER