Ketum Projo Hadir Acara Dukung Jokowi 3 Periode, Bantah Kerahkan Kades

CNN Indonesia
Selasa, 05 Apr 2022 16:34 WIB
Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi membantah jika ada anggapan dirinya mengerahkan kepala desa agar menyampaikan dukungan Presiden Jokowi menjabat 3 periode. Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi membantah telah mengerahkan kepala desa agar menyampaikan dukungan untuk Presiden Jokowi menjabat tiga periode dalam acara Silaturahmi Nasional beberapa waktu lalu (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum kelompok relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi angkat suara ihwal kehadirannya dalam acara Silaturahmi Nasional Desa 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Acara itu diketahui diwarnai penyampaian dukungan agar Presiden Jokowi menjabat tiga periode.

Budi Arie mengaku dirinya datang sebagai Wakil Menteri Desa dalam acara tersebut. Dia membantah mengerahkan para kepala desa untuk menyampaikan dukungan Jokowi tiga periode.

"Saya sebagai wamendes, status kita kan diundang. Kalau soal aspirasi politiknya kan itu hak setiap kepala desa menyampaikan aspirasi politiknya," kata Budi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (5/4).

Budi menyebut teriakan sejumlah kepala desa mendukung Jokowi tiga periode merupakan spontanitas. Dia memastikan Projo ataupun Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tak merancang gerakan politik itu.

Dia mengklaim acara Silatnas Desa 2022 pun tak membahas politik nasional. Pertemuan itu hanya diisi penyampaian aspirasi para kepala desa ke Jokowi.

Para kepala desa, kata Budi, meminta Jokowi mengubah aturan porsi BLT desa dari dana desa, mengubah cap kantor desa dengan lambang Garuda, menaikkan besaran dana operasional desa, dan mencairkan honor kepala desa sebulan sekali.

"Jadi, enggak ada isu-isu politik nasional, yang ada adalah aspirasi kepala desa atau pemerintah desa tentang bagaimana kondisi mereka. Sebagian besar ditanggapi oleh Pak Jokowi," ujarnya.

Budi menyampaikan gerakan yang mendukung Jokowi 3 periode murni berasal dari kepala desa. Dia mengaku pemerintah tak bisa menghalanginya karena bagian dari demokrasi.

"Itu kan haknya mereka. Ya misal begini, ada orang senang, 'Saya mau milih lagi.' Ya itu urusan dia dong, bukan urusan saya," tutu Budi.

Sebelumnya, para kepala daerah yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (DPP Apdesi) menggelar Silaturahmi Nasional Desa 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3).

Acara itu menjadi sorotan publik karena disertai teriakan sejumlah kepala daerah yang mendukung penambahan masa jabatan Presiden Joko Widodo.

Ketua Umum DPP Apdesi Surtawijaya mengatakan para kepala desa mendukung Jokowi karena permintaan mereka dikabulkan. Para kades, ucapnya, akan deklarasi Jokowi tiga periode usai Idulfitri.

(dhf/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER